Surabaya Vaganza Hadirkan Pertunjukan Kelas Dunia - Kabar Surabaya

Breaking

Monday, March 25, 2019

Surabaya Vaganza Hadirkan Pertunjukan Kelas Dunia

Surabaya Vaganza Hadirkan Pertunjukan Kelas Dunia

Kabar Surabaya - Kemewahan Hari Jadi Kota Surabaya (HKJS) ke 726 rupanya terjadi lebih awal. Ribuan warga Kota Surabaya, bahkan banyak pula warga luar Kota Surabaya yang "tumplek blek" memadati jalur - jalur protokol yang ada di Kota Pahlawan ini. Kedatangan mereka ini hanya untuk satu tujuan, yaitu menyaksikan Event Surabaya Vaganza 2019.



Entah mengapa, cuaca Kota Surabaya pada hari Minggu (24/03/2019) pagi itu terasa sangat sejuk. Meskipun waktu sudah menunjukkan pukul 09.00wib namun sang surya seakan enggan untuk menampakkan dirinya. Kondisi ini pula yang admin Kabar Surabaya alami waktu melakukan liputan tentang Surabaya Vaganza di kawasan jalan Urip Sumoharjo.

Sesuai dengan jadwal yang admin terima, bahwa Parade Surabaya Vaganza ini akan di berangkatkan oleh Walikota Surabaya tepat pada pukul 08.00wib dari kawasan Tugu Pahlawan Kota Surabaya. Sebanyak 40 mobil hias dan 37 peserta Pawai Budaya akan ikut serta dalam ajang tahunan Pemerintah Kota Surabaya ini.



Waktu sudah menunjukkan pukul 09.30wib dan masyarakat sudah mulai menyemut di sepanjang jalan Urip Sumoharjo. Mereka seperti tidak sabar untuk menyaksikan parade Surabaya Vaganza yang di laksanakan setahun sekali ini. Meskipun sudah menunggu lama, namun semangat mereka tidak luntur untuk menanti kehadiran para peserta parade budaya ini. Bahkan banyak peserta yang mengaku sudah datang dan menunggu  di kawasan Urip Sumoharjo sejak pukul 07.00wib.

Tepat pukul 09.47wib, mobil dari pihak Kepolisian melaju dengan lambat dan membunyikan sirinenya. Suatu pertanda bahwa para peserta Parade Surabaya Vaganza akan melintasi jalur Urip Sumoharjo ini. Melihat hal tersebut, sontak warga yang tadinya duduk-dudk santai di atas trotoar langsung berdiri mendekat ke tepi jalan raya yang kondisinya sudah di tutup untuk umum.



Rombongan pertama peserta Parade Surabaya vaganza yang melintas di jalan Urip Sumoharjo ini adalah para anggota Satpol PP wanita yang menggunakan sepatu roda. Rombongan ini kemudian di susul oleh klub olahraga sepatu roda anak-anak yang menggunakan kostum super-hero. Di belakang mereka ada sekelompok anak-anak yang menggunakan enggrang. Dengan lincah mereka melakukan tarian enggrang yang merupakan alat permainan jaman lawas tersebut.

Setelah anak-anak ini melintas, satu - persatu peserta pendukung Surabaya Vaganza melintas. Di mulai dari perwakilan Walikota seluruh Indonesia dengan menggunakan Jip Willys. Di susul oleh perwakilan komunitas budaya dari luar Kota Surabaya, seperti budaya India serta budaya-budaya suku bangsa di seluruh Indonesia.


Pertunjukan Parade Surabaya Vaganza 2019 ini semakin memuncak dengan hadirnya kostum budaya karya kreasi dari SMPN yang ada di Kota Surabaya. Perjalanan para model yang membawakan kostum warna-warni ini benar-benar mendapatkan sambutan yang luar biasa dari masyarakat yang telah menunggunya. Kostum mereka ini bukanlah kostum biasa, namun kostum-kostum dengan ornamen yang sangat  luar biasa. Mulai dari sayap, patung Suro-boyo, bahkan aneka aksesoris unik melekat pada kostum yang mereka kenakan. Tidak jarang para peserta ini terpaksa berhenti sejenak untuk melayani para penonton yang ingin mengabadikan keunikan kostumnya. Tidak jarang pula para peserta ini melayani para penonton yang mengajaknya untuk ber-foto selfie. 

Setelah kostum-kostum indan, unik dan cantik ini lewat, di belakangnya tampak membumbung tinggi ornamen dari mobil hias yang tampak menyolok. Dan inilah puncak dari parade Surabaya Vaganza yang di nantikan oleh para penonton ini sejak pagi tadi. Sebanyak 40 kendaraan berhiaskan bunga-bunga nan cantik satu-persatu lewat di jalan Urip Sumoharjo. 


Rupanya level dari kendaraan hias yang hadir dalam Surabaya Vaganza 2019 ini semakin megah dan semakin unik di bandingkan dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini tampak dari kreasi mobil-mobil para peserta. Tidak hanya bunga yang berwarna-warni, namun banyak pula ornamen unik yang di munculkan pada mobil mereka. Salah satunya adalah mobil milik Atlantis land yang menyuguhkan replika Dinosaurus lengkap dengan gerakan dan suaranya yang mengaum.

Bila di bandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, inilah Surabaya Vaganza yang paling istimewa. dari penontonnya yang sudah tidak lagi usil mengambil bunga dari mobil yang berjalan hingga cuaca yang sangat mendukung. Terus terang admin akan sangat penasaran seperti apakah suasana dari Surabaya Vaganza di tahun berikutnya.. (Tri Eko Sulistiowati)   

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad