Rumah Sakit Surabaya Timur Resmikan Groundbreaking Mulai Hari Ini - Kabar Surabaya

Terbaru

Thursday, October 5, 2023

Rumah Sakit Surabaya Timur Resmikan Groundbreaking Mulai Hari Ini

Rumah Sakit Surabaya Timur Resmikan Groundbreaking Mulai Hari Ini


Kabar Surabaya - Sampai saat ini, Kota Surabaya telah memiliki 2 unit Rumah Sakit yang dikelola oleh pemerintah kota. Rumah sakit tersebut adalah RSUD.M.Soewandhi yang berada di kawasan Surabaya Utara dan RSUD Bhakti Dharma Husada yang berada di kawasan Surabaya Barat. Meski demikian, Pemerintah Kota Surabaya menilai jumlah tersebut masih kurang memadai. Mengingat, jarak antar kedua rumah sakit tersebut cukup jauh.



Oleh karena itu, sejak beberapa tahun yang lalu, Wali Kota Surabaya dimasa kepemimpinan Tri Rismaharini telah melakukan pemetaan wilayah untuk mendirikan rumah sakit baru. Berdasarkan hasil study kelayakan yang telah dilakukan, akhirnya kawasan Surabaya Timur diplot menjadi lokasi pendirian rumah sakit terbaru milik Pemerintah Kota Surabaya. 

 

Kawasan Surabaya Timur ini dipilih karena jaraknya ke kawasan Utara dan Barat cukup jauh. Namun untuk ke Surabaya Selatan masih bisa terjangkau. Selain itu kawasan timur ini masih bisa dijangkau oleh mereka yang berada di kawasan Surabaya Selatan. Apalagi di kawasan ini, Pemkot Surabaya masih memiliki tanah aset yang cukup luas dan bisa digunakan untuk melakukan pembangunannya.


Pada Hari Rabu (05/10/2023) pagi ini, Walikota Surabaya didampingi oleh pihak Kejaksaan dan Forkompimda terkait, telah melakukan prosesi GroundBreaking guna memulai pembangunan Rumah Sakit surabaya Timur. Pengerjaan dari rumah sakit ini langsung ditangani oleh 2 BUMN milik pemerintah, yaitu PP dan Adhi Karya yang bekerjasama melalui sistim Kerjasama Operasional.


Dalam paparannya, perwakilan pihak PP menjanjikan bahwa Rumah Sakit Surabaya Timur ini akan selesai tepat waktu dan bisa digunakan pada akhir September 2024. Total dana yang dikucurkan oleh pemerintah untuk pembangunan rumah sakit ini adalah Rp 494 Milyar. Jangka waktu pengerjaannya adalah satu tahun penuh.



Rumah Sakit Surabaya Timur ini berdiri diatas lahan seluas1.7 hektar. Lokasinya sendiri berada di tepi Jalan Merr kawasan Rungkut, tepat dibelakang Gedung Universitas Terbuka (UT) yang saat ini tengah dibangun. Pembangunannya dibagi dalam 2 tahap, untuk tahap pertama adalah gedung induk yang terdiri dari 2 Tower dan tiap towernya memiliki 8 lantai. Sedangkan tahap kedua adalah sarana penunjangnya. Gedung rumah sakit ini juga mengadopsi Green Energi dengan menggunakan panel surya yang diletakkan pada atap gedung. (yyan)




No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad