Pemerintah Siapkan BBM Baru Harga Rp 3000/Liter Pengganti Pertalite - Kabar Surabaya

Terbaru

Thursday, December 22, 2022

Pemerintah Siapkan BBM Baru Harga Rp 3000/Liter Pengganti Pertalite

Pemerintah Siapkan BBM Baru Harga Rp 3000/Liter Pengganti Pertalite


Kabar Surabaya - Saat ini Indonesia memiliki 5 jenis BBM yang bisa didapatkan oleh masyarakat di SPBU. Kelima jenis BBM tersebut adalah Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite. Sedangkan untuk Premium, keberadaannya sudah sangat jarang ditemukan. Bahkan pada tahun 2023 mendatang pemerintah melalui aturannya, memastikan bahwa BBM setara Premium tidak akan diperbolehkan untuk dijual di Indonesia.

 


Jika hal tersebut dilakukan, berarti Pertamina hanya memiliki BBM jenis Pertalite untuk harga termurahnya. Namun masyarakat tidak perlu khawatir, karena pemerintah juga tengah menyiapkan BBM jenis terbaru yang digadang-gadang bisa menggantikan BBM jenis Pertalite. BBM ini diramalkan bisa langsung diterima oleh masyarakat, karena selain harganya yang sangat terjangkau, BBM ini bisa membuat motor melaku hingga 100km untuk satu kali pengisian secara full.

 

BBM yang digadang-gadang bisa menggantikan Pertalite ini adalah Compressed Natural Gas (CNG). BBM ini merupakan hasil produksi dari PT.Perusahaan Gas Negara (PGN) yang bersumber dari gas alam, bukan lagi dari fosil. Hebatnya, CNG ini memiliki kandungan oktan yang setara dengan Pertamax Turbo, yaitu Ron 98. Karena berbentuk gas, dipastikan BBM ini akan lebih ramah lingkungan karena tidak hasil emisinya sangatlah minim.

 

Untuk bisa menggunakan BBM CNG tersebut, tentunya kendaraan harus dilengkapi dengan converter kit yang aman  Konverter ini bentuknya sangat kecil, yaitu berupa tabung dengan ukuran 14cm x 52cm saja. Jadi bisa diletakkan di sisis kanan atau kiri pengemudi. Terbuat dari tabung baja yang sudah teruji keamanannya.


Pada prakteknya BBM CNG ini sudah diterapkan untuk beberapa moda transportasi, seperti Taksi, Bajaj, hingga Bus Trans Jakarta. Tentunya pada akhirnya akan coba diterapkan di seluruh indonesia dengan menjangkau kendaraan pribadi seperti mobil, motor bahkan bisa diterapkan pada perahu nelayan. Sehingga pengeluaran masyarakat akan lebih irit dan kadar polusi di suatu kota akan banyak terkurangi. (yyan)




No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad