GRATIS !!, Pemkot Surabaya Gelar Pemeriksaan Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara - Kabar Surabaya

Terbaru

Saturday, September 24, 2022

GRATIS !!, Pemkot Surabaya Gelar Pemeriksaan Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara

GRATIS !!, Pemkot Surabaya Gelar Pemeriksaan Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara


Kabar Surabaya - Sampai saat ini, Kanker Serviks dan Kanker Payudara masih menjadi penyebab kematian nomor satu bagi wanita di Indonesia. Keengganan para wanita untuk memeriksakan diri, khususnya yang telah berusia 30 tahun dan aktif untuk berhubungan secara seksual malah membuat angka tersebut semakin tinggi. "Malu" dan "Takut" biasanya menjadi alasan bagi mereka yang enggan memeriksakan kesehatan organ intimnya tersebut. Selain itu, mahalnya biaya pemeriksaaan juga menjadi salah satu faktor penyebabnya.

 


Untuk mengatasi hal tersebut, Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas kesehatan (Dinkes) pada bulan September sampai Desember 2022 akan membuka pelayanan khusus berupa pemeriksaan payudara secara klinis (Sadanis ) dan IVA Test. Sadanis sendiri merupakan singkatan dari Pemeriksaan Payudara Klinis. Nantinya pemeriksaan payudara ini akan dilakukan oleh tenaga medis guna mendeteksi apakah ada tanda/gejala kanker payudara atau tidak.    


Sedangkan Tes IVA adalah singkatan dari Inspeksi Visual Asam Asetat. Yaitu pemeriksaan leher rahim (serviks) dengan cara melihat secara langsung leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat 3 – 5%. Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan yang dilakukan dengan tujuan untuk mendeteksi adanya kanker leher rahim.

 

Melalui kegiatan ini, Pemkot Surabaya ingin mengajak seluruh wanita Kota Pahlawan untuk memeriksakan kesehatan organ intimnya. Masyarakat tidak perlu khawatir, karena semua pemeriksaan ini sifatnya gratis bagi siapapun. Menganai kriterianya, pihak Dinkes memberikan persyaratan sebagai berikut, yaitu :

1. Wanita berusia 30 sampai 50 tahun

2. Sudah pernah berhubungan secara seksual

3. Tidak sedang haid/nifas

4. Dua hari sebelum pemeriksaan tidak boleh melakukan hubungan suami istri.

 

Bagi wanita yang ingin memeriksakan kesehatannya, tidak perlu jauh-jauh. Semuanya bisa dilakukan di Puskesmas yang berada di wilayah masing-masing. caranya juga cukup mudah, yaitu :

1. Melakukan pendaftaran secara online di e-health pada menu KIA (Kesehatan Ibu dan Anak)

2. Membawa KTP asli 

3. Sampaikan kepada petugas Puskesmas bahwa ingin melakukan IVA Test dan Sadanis. 

4. Semua biaya Rp 0 alias Gratis (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad