MURAH !! Bus AC, Nyaman dan Cepat Ini Hanya Rp 2500, Rute Sidoarjo - Surabaya - Gresik - Kabar Surabaya

Terbaru

Thursday, August 4, 2022

MURAH !! Bus AC, Nyaman dan Cepat Ini Hanya Rp 2500, Rute Sidoarjo - Surabaya - Gresik

MURAH !! Bus AC, Nyaman dan Cepat Ini Hanya Rp 2500, Rute Sidoarjo - Surabaya - Gresik

 

Kabar Surabaya - Saat ini pertumbuhan jumlah kendaraan pribadi baik roda 2 maupun roda 4 atau lebih sudah sangat meningkat pesat. Peningkatan ini rupanya sudah tidak terkejar lagi oleh peningkatan jumlah ruas jalan baru. Akibatnya bisa ditebak, kemacetan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Oleh karena itu, ketersediaan transportasi umum yang aman, nyaman, murah dan mudah dijangkau menjadi syarat mutlak agar masyarakat bisa beralih dari transportasi pribadi ke transportasi massal.



Dengan adanya transportasi massal tersebut, maka jumlah kendaraan pribadi yang melintas di jalan raya bisa berkurang. Harapannya, tentu saja kemacetan lalu-lintas juga bisa berkurang. Oleh karena itu, peran pemerintah dalam pengembangan moda transportasi massal sangatlah diharapkan. Hal inilah yang kemudian dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

 

Sebagaimana diketahui bersama, bahwa Provinsi Jatim memiliki wilayah kabupaten/kota yang jaraknya saling berdekatan. Wilayah tersebut kemudian diberikan nama sebagai wilayah anglomerasi. Seperti halnya Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik merupakan satu anglomerasi wilayah yang bernama Surabaya Raya.

 

Ketiga wilayah tersebut selama ini sudah saling terhubung dengan moda transportasi massal berupa kereta komuter. Pada tanggal 19 Agustus 2022 nanti, moda transportasi Surabaya Raya ini akan bertambah lagi dengan transportasi bus. Bus ini nantinya akan melaju dari Terminal Porong, melewati Kota Surabaya hingga sampai ke Terminal Gresik. Selanjutnya dari Gresik akan kembali lagi ke Terminal Porong.

 

Bus yang diberikan nama "Trans Jatim" ini merupakan bus dengan ukuran sedang. Untuk formasi seatnya memiliki kapasitas 2 di sisi kiri  dan 1 disisi kanan. Bus yang didominasi dengan warna hijau ini memiliki armada sejumlah 22 unit. 20 unit akan beroperasi harian dan 2 unit lainnya akan difungsikan sebagai Bus Cadangan.

 

Jam operasional Bus Trans Jatim ini mulai pukul 05.00wib sampai pukul 21.00wib.  Total jarak yang akan ditempuh dari Sidoarjo ke Gresik sepanjang 71 kilometer. Sedangkan untuk jarak sebaliknya sepanjang 74 kilometer. Untuk durasinya sendiri bisa mencapai sekitar 2jam 15menit tergantung kondisi jalanan yang dilaluinya. Jarak interval antar bis adalah 15 menit saat pagi dan sore, sedangkan untuk siang hari 30 menit




Bus Trans Jatim tersebut dapat digunakan oleh masyarakat dengan biaya Rp5000 untuk umum dan Rp2500 bagi siswa sekolah dan santri. Tarif tersebut sangat jauh lebih murah daripada tarif Bus biasa yang bisa mencapai sekitar 20 ribuan. Jadi, bagi masyarakat yang antara rumah dan tempat kerjanya berada di kota yang berbeda, Bus Trans Jatim ini bisa menjadi solusi yang terbaik. (yyan)

Foto : Instagram Ahmad Muhdlor Ali


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad