UPN Berikan Pelatihan Khusus Kepada UMKM Siwalan Di Benowo - Kabar Surabaya

Terbaru

Thursday, May 26, 2022

UPN Berikan Pelatihan Khusus Kepada UMKM Siwalan Di Benowo

UPN Berikan Pelatihan Khusus Kepada UMKM Siwalan Di Benowo

Mahasiswa KKN Kelompok 39 UPN "Veteran" Jawa Timur Mewujudkan Pengembangan UMKM dengan Mengadakan Pelatihan Branding Olahan Produk Siwalan dan Pentingnya Pengelolaan Keuangan di Kelurahan Benowo Surabaya


Mahasiswa KKN Kelompok 39 UPN "Veteran" Jawa Timur mengadakan pelatihan tentang "Branding Olahan Produk Siwalan dan Pentingnya Pengelolaan Keuangan" kepada masyarakat Kelurahan Benowo, khususnya para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pelatihan tersebut diadakan di aula Kelurahan Benowo dengan Bapak Moh Faishol Chusni, M.Si selaku Kepala Lembaga Pendidikan Perkoperasian (LAPENKOP) Wilayah Jawa Timur sebagai pemateri pada acara pelatihan ini.



Pelatihan branding dan pengelolaan keuangan ini sangat penting bagi para pelaku UMKM, karena branding dapat membantu produk yang dijual atau dipasarkan lebih menonjol dari para kompetitor. Identitas yang diberikan kepada produk juga mempengaruhi keputusan konsumen untuk membelinya. Beberapa manfaat dari branding produk yaitu:

1. Menarik konsumen untuk membeli produk
2. Meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk
3. Membuka peluang untuk menetapkan harga jual yang lebih tinggi
4. Menonjolkan keunggulan produk dibandingan dengan kompetitor
5. Melalukan diferensiasi produk


Selain terdapat beberapa manfaat dari branding, dalam pelatihan ini juga dijelaskan cara membranding suatu produk, khususnya produk olahan Siwalan yang menjadi produk unggulan UMKM dari Kelurahan Benowo. Cara membranding produk yaitu dengan memperhatikan jaminan kualitas, manfaat produk, kemasan menarik, harga yang menyesuaikan branding, pelayanan terbaik, promosi, dan juga dipasarkan melalui media offline serta online.

 

Pengelolaan keuangan juga tidak kalah penting bagi para pelaku UMKM. Kebanyakan UMKM tidak memisahkan antara uang pribadi dan uang usaha, tidak tahu kondisi keuangan usaha apakah untung atau rugi karena tidak semua dicatat dan dibukukan dengan baik. Dengan membuat pembukuan dan mengetahui cara mengelola keuangan dengan baik dapat membantu dan memudahkan UMKM melakukan pengembangan usaha, selain itu juga dapat mengevaluasi laba/rugi dan posisi keuangan usaha. 

Masyarakat yang mengikuti pelatihan ini juga dikenalkan dengan aplikasi Krealogi. Aplikasi ini dapat didownload melalui Playstore secara gratis. Krealogi sendiri merupakan aplikasi yang membantu pelaku UMKM kreatif untuk dapat melakukan digitalisasi rantai pasok. Melalui Krealogi, para pelaku ataupun penggiat UMKM dapat mengembangkan usahanya dengan meningkatkan pengelolaan operasional hingga komunikasi dengan pihak eksternal secara digital. Fitur unggulan Krealogi adalah manajemen order perencanaan produksi dan penghitungan biaya produksi yang dapat membantu UMKM untuk merencanakan jadwal produksi, dan penghitungan HPP. Memantau produksi standar, kualitas dan pengeluaran biaya, serta mengevaluasi usaha untuk perbaikan perluasan pasar dan permodalan kerja.

 


Selain pelatihan tentang branding olahan produk siwalan, mahasiswa KKN kelompok 39 juga mengadakan demo masak membuat Jenang Siwalan. Produk ini menjadi salah satu inovasi dari buah Siwalan yang merupakan icon dari Kelurahan Benowo. Disini diajarkan cara membuat atau memasak jenang dari buah Siwalan. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan masyarakat Kelurahan Benowo khususnya para pelaku UMKM dapat membuat inovasi produk atau olahan dari buah Siwalan, membranding suatu produk, mengetahui cara mengelola keuangan dengan baik dan mampu mengembangkan perencanaan bisnis (business plan) yang baik pada UMKM Kelurahan Benowo.


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad