Wajib !!, Semua Siswa Mulai Masuk Sekolah, Simak Jadwalnya - Kabar Surabaya

Terbaru

Friday, January 7, 2022

Wajib !!, Semua Siswa Mulai Masuk Sekolah, Simak Jadwalnya

Wajib !!, Semua Siswa Mulai Masuk Sekolah, Simak Jadwalnya


Kabar Surabaya - Sampai hari ini semua siswa di Kota Surabaya masih menjalani pembelajaran secara daring dirumah masing-masing. Jika dihitung, sudah selama dua tahunan ini para siswa belum masuk sekolah maupun bertemu gurunya secara langsung. Jika hal ini terus berlangsung tentunya penyerapan materi pelajaran oleh para siswa tidak akan optimal.



Oleh karena itu, secara tegas Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memerintahkan kepada seluruh Kabupaten/Kota untuk segera memulai pendidikan secara tatap muka (PTM). Hal ini dirasa cukup mendesak, mengingat pembelajaran secara daring memerlukan effort yang lebih, mengingat belum meratanya sarana telekomunikasi internet di Indonesia ini.

 

Ketegasan pemerintah ini dituangkan dalam SKB yang ditandatangani oleh 4 Kementrian. Menanggapi SKB ini Pemerintah Provinsi Jawa Timur langsung memerintahkan semua sekolah SMA/SMK untuk segera memulai PTM. Bahkan pada tahun 2022 ini sifatnya bukan lagi optional, tetapi sudah wajib. 

 

"Dalam artian kalau pada tahun 2021 lalu, PTM masih membutuhkan persetujuan orang tua. Siswa boleh memilih mau belajar secara daring atau tatap muka. Namun pada tahun 2022 ini tidak ada pilihan lagi, semua harus masuk. Kalau tidak masuk sekolah akan dianggap bolos,"  terang Wahid Wahyudi, selaku Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

 

Menanggapi pemberlakukan PTM ini, Pemerintah Kota Surabaya bertindak lebih tegas lagi. Mulai hari Senin (10/01/2022) mendatang, semua jenjang pendidikan mulai dari PAUD, TK, SD,SMP hingga SMA/SMK harus sudah mulai masuk sekolah. Tidak main-main, cakupan siswa yang wajib masuk sekolah ini adalah keseluruhannya atau 100%.

 

Namun pada minggu pertama, Pemkot Surabaya masih akan menerapkan sistim Shift. Setiap jenjang pendidikan akan terbagi dalam dua shift. Shift pertama hanya akan diisi oleh 50% siswa, lalu lanjut shidt kedua yang juga 50% siswa, jadi total damal sehari mencapai 100%.  Pembagian shift diatur menurut jenjang pendidikannya masing-masing. Untuk SD, shift 1 pukul 07.00-09.00 WIB, dan shift 2 pukul 09.30-11.30 WIB. Lalu untuk SMP shift 1 pukul 06.30-09.30 WIB, dan shift 2 pukul 10.00-13.00 WIB. Sedangkan untuk PAUD dan TK pembelajaran dimulai pukul 08.00-09.20 WIB   


Yusuf Masruh, selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya mengungkapkan bahwa nanti pihaknya akan melakukan kolaborasi dengan semua pihak, terutama dengan Tim Satgas Covid. Mulai dari satgas tingkat sekolah, Kapung Tangguh, maupun Kelurahan dan Kecamatan. Intinya akan dipersiapkan mengenai SOP dari PTM tersebut.

 

Sekolah harus melakukan prosedur secara tepat, terutama untuk Protokol Kesehatannya, Mulai dari pemeriksaan suhu, pengaturan tempat duduk maupun kebersihan sarana pendidikan. Harapannya semua bisa terjaga dengan baik, sehingga prose PTM ini dapat berjalan dengan lancar (yyan)  


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad