Vaksin Booster Gratis Untuk Masyarakat Siap Disuntikkan, Segera Siapkan Persyaratan Sebagai Berikut - Kabar Surabaya

Terbaru

Tuesday, January 11, 2022

Vaksin Booster Gratis Untuk Masyarakat Siap Disuntikkan, Segera Siapkan Persyaratan Sebagai Berikut

Vaksin Booster Gratis Untuk Masyarakat Siap Disuntikkan, Segera Siapkan Persyaratan Sebagai Berikut

 

Kabar Surabaya - Sebagaimana diketahui bersama, berdasarkan penelitian dari banyak pihak bahwa daya efisikasi Vaksin Covid-19 akan terus menurun setelah enam bulan kemudian. Kondisi inilah yang akhirnya membuat banyak ahli merekomendasikan dosis vaksin ketiga, setelah sebelumnya masyarakat menerima dosis lengkap (dosis 1 dan dosis2). Dosis ketiga dari Vaksin Covid ini disebut juga sebagai Vaksin Booster.

 


Vaksin Booster Covid-19 ini mutlak diperlukan, mengingat saat ini banyak negara yang sedang sibuk mengatasi Pandemi Covid-19 varian terbaru. Varian terbaru yang diberi nama Omicron ini juga sudah masuk ke Indonesia. Untuk mencegah agar tidak terjadi gelombang ketiga, maka Pemerintah telah menyiapkan jutaan dosis vaksin bagi seluruh masyarakat Indonesia.

 

Pemberian Vaksin Booster ini direncanakan akan disuntikkan mulai tanggal 12 Januari 2021 hari ini. Namun dalam pelaksanaannya telah terjadi perubahan dari rencana semula. Kalau awalnya Vaksin Booster ini ditetapkan gratis dan berbayar, saat ini pemerintah telah sepakat untuk menggratiskan semua Vaksin Booster ini untuk masyarakat.

 

Awalnya vaksin Booster ini akan diberikan gratis kepada para lansia dan peserta BPJS Kesehatan yang masuk dalam kategori Penerima Bantuan Iuran (PBI). sebagaimana diketahui, bahwa PBI ini memang jenis BPJS yang diberikan kepada masyarakat miskin. Sedangkan untuk masyarakat umum lainnya, mereka harus siap-siap untuk merogoh koceknya apabila vaksin ini berbayar.

 

Penggratisan Vaksin Booster ini memang ditunggu-tunggu oleh masyarakat, namun Pemerintah telah menentukan persyaratan khusus bagi masyarakat yang akan mendapatkan Vaksin Booster ini. Persyaratan ini adalah masyarakat telah menerima Vaksin Covid dengan dosis lengkap dalam waktu lebih dari 6 bulan sebelumnya.


Nantinya kelompok pertama yang diprioritaskan untuk menerima Vaksin Booster ini adalah kelompok Lansia dan Kelompok Rentan. Setelah kelompok ini mendapatkan suntikan vaksin, barulah masyarakat umum lainnya bisa mendapatkannya pula. 

 


Secara resmi, vaksin booster yang akan diberikan ada tiga jenis, yaitu Pfizer, AstraZeneca dan Moderna. Menurut Kemenkes, Skenario pemberian vaksin booster  ada tiga. Pertama, penerima vaksin primer Sinovac atau vaksin pertama dan kedua Sinovac, akan mendapatkan vaksin booster setengah dosis vaksin Pfizer. 


Kedua, bagi penerima vaksin primer Sinovac, akan diberikan booster setengah dosis vaksin AstraZeneca. Kemudian kombinasi ketiga yakni untuk vaksin primer AstraZeneca, akan diberikan boosternya setengah dosis vaksin Moderna. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad