Kasus Covid Naik Tajam Menjadi 1000 Lebih, Inilah 7 Daerah yang Melaporkan Adanya Kasus Omicron - Kabar Surabaya

Terbaru

Wednesday, January 19, 2022

Kasus Covid Naik Tajam Menjadi 1000 Lebih, Inilah 7 Daerah yang Melaporkan Adanya Kasus Omicron

Kasus Covid Naik Tajam Menjadi 1000 Lebih, Inilah 7 Daerah yang Melaporkan Adanya Kasus Omicron


Kabar Surabaya - Sampai saat ini pemerintah sudah sangat antisipatif untuk membendung varian Virus Covid-19 yang terbaru, namun nyatanya varian yang bernama Omicron ini sudah benar-benar masuk ke Indonesia. Meskipun banyak pihak yang menyatakan kalau gejala dari varian Omicron ini tidak seganas varian Delta namun penyeberannya sangatlah cepat.



Banyak negara-negara di dunia yang sempat kewalahan akibat serangan dari varian Omicron ini. Bahkan di Inggris, jumlah kasus kematian dari varian anyar ini melebihi dari barian Delta. Hal ini menunjukkan kalau varian Omicron ini tidak bisa dianggap remeh. Tragisnya banyak juga pihak yang menyatakan kalau varian yang pertama kali dideteksi di Afrika ini kebal terhadap vaksin.


Di Indonesia sendiri perjalanan varian Omicron ini sidah sampai ke beberapa daerah. Ada sejumlah daerah yang melaporkan mengenai varian Omicron yang telah menjangkiti warganya. Beberapa daerah tersebut adalah :

1. Singosari - Malang

Pada hari Jum'at (14/01.2922) kemarin Kabupaten Malang, tepatnya di Kecamatan Singosari ada satu keluarga yang diketahui terpapar oleh virus Covid-19 varian Omicron. Mereka adalah dua orang ibu dan seorang anak. Saat ini ketiganya masih diisolasi diRusunawa Kepanjen guna memudahkan pemantauan. Saat ini kondisinya masih terpantau baik dan stabil.

 

2. Bogor- Jawa Barat

Pemerintah Kabupaten Bogor pada tanggal 11 Januari 2022 lalu juga telah melaporkan salah satu warganya yang terpapar oleh virus Covid-19 varian Omicron. Menurut pihak yang berwenang, virus ini menular melalui transmisi lokal. Pasien yang merupakan pria berusia 28 tahun ini diketahui baru saja pulang dari Jakarta. Saat ini pria yang berasal dari Kecamatan Dramaga ini tengah menjalani isolasi mandiri dan petugas kesehatan juga sudah melakukan tracing dan testing terhadap 10 orang yang kontak erat dengan pasien.

 

3. Tanearang Selatan - Banten 

Kasus varian Omicron yang menyerang kawasan Tangerang Selatan ini dilaporkan ada 4 kasus. Tiga kasus diantaranya merupakan transmisi lokal, sedangkan satu sisanya merupakan kasus perjalanan dari luar negeri. Selain 4 orang tersebut rupanya Kementrian Kesehatan juga mendata adanya 29 warga Tangsel yang sedang diisolasi di Rumah Sakit Wisma Atlit Jakarta karena kasus yang sama. Mereka diketahui baru saja pulang dari luar negeri.

 

4. Bandung - Jawa Barat

Pada tanggal 12 Januari 2022 yang lalu, Bandung telah melaporkan adanya 4 warganya yang terpapar oleh varian Omicron. Mereka diketahui baru saja pulang dari negara asal Varian Omicron ini bermula, yaitu Afrika. Sebenarnya sepulang dari Afrika, mereka sudah melakukan karantina di Wisma Atlet selama 14 hari, lalu dilanjutkan dirumah probadi selama 10 hari. Namun saat melakukan karantina di rumah pribadi, salah satu diantaranya menunjukkan gejala Omicron. Setelah dilakukan pemeriksaan mendalam, rupanya semua anggota keluarga juga positif Omicron.

 


5. Surabaya

Kota Surabaya sendiri telah melaporkan adanya salah satu warganya yang terpapar virus Omicron setelah pulang berlibur dari Bali. Sepulang dari Bali, salah satu angota keluarga mengalami sakit pada tenggorokan dan keluar lendir. Setelah menjalani pemeriksaan, baru diketahui kalau yang bersangkutan dinyatakan positif varian Omicron.

 

6. DKI Jakarta

Sama seperti varian Delta yang lalu, Ibukota Jakarta menjadi daerah yang paling banyak pasiennya. Kondisi yang sama juga dialami sekarang, dimana ada 498 warganya yang saat ini tengah menjalani isolasi mandiri karena terpapar oleh varian Omicron. Namun kebanyakan dari jumlah tersebut merupakan kasus dari luar negeri, yaitu 409 kasus, sedangkan 89 kasus merupakan transmisi lokal. 

 


7. Medan - Sumatra Utara

Medan merupakan kota pertama kali yang mencatatkan penularan transmisi lokal. Hal ini dietahui dari salah satu warganya yang terpapar oleh varian Omicron setelah berkunjung ke Jakarta. Warga yang berusia 37 tahun ini memang sebulan sekali melakukan perjalanan ke Jakarta bersama istrinya. Pada saat akan pulang balik ke Medan, sang suami diketahui positif varian Omicron. Sementara istrinua negatif. Saat ini sang suami melakukan isolasi mandiri di Jakarta. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad