Ini Hasil Pemeriksaan Awal, Ribuan Ikan Danau Sier Mati Secara Mendadak Dan Misterius - Kabar Surabaya

Terbaru

Saturday, January 22, 2022

Ini Hasil Pemeriksaan Awal, Ribuan Ikan Danau Sier Mati Secara Mendadak Dan Misterius

Ini Hasil Pemeriksaan Awal, Ribuan Ikan Danau Sier Mati Secara Mendadak Dan Misterius

 

Kabar Surabaya - Masyarakat Surabaya pasti mengetahui adanya suatu kawasan Industri yang berada dikawasan Rungkut Surabaya. Kawasan yang bernama SIER ini terdiri dari ratusan industri yang bergerak dalam segala bidang. Meskipun kawasan industri ini banyak berdiri pabrik , uniknya kawasan ini tetap terjaga kesejukannya. Apalagi pada jalan utamanya terdapat banyak pepohonan besar yang sangat rindang.

 


Selain itu, dikawasan industri ini juga terdapat danau yang cukup luas. Didalam danau ini juga banyak dihuni oleh beragam jenis ikan. Jumlahnya bisa sampai ribuan ekor. maka tidak heran bila danau ini selalu menjadi spot pemancingan bagi para penghoby Mancing Mania. Di kawasan ini terdapat dua danau yang terletak di sisi utara dan selatan. Kedua danau ini dipisahkan oleh jalan utama.

 

Namun, sepertinya para pegiat Mancing Mania ini harus meredam lagi keinginannya untuk menyalurkan hobynya dalam waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan adanya insiden yang mengakibatkan ribuan ikan di danau SIER tersebut mati. Kematian ini tidak hanya dialami oleh beberapa ikan, melainkan dialami oleh semua ikan. 

 

Kondisi matinya ribuan ikan yang ada di dalam danau SIER ini diketahui oleh salah satu pekerja pada hari Jum'at (21/01/2022)  pagi. Pada saat itu dirinya bermaksud akan membeli kopi disalah satu warung yang terletak di tepi danau. Saat masuk ke dalam warung dirinya mencium bau yang tidak sedap. Setelah ditelusuri, rupanya bau tersebut berasal dari ribuan bangkai ikan yang mati dan mengambang di permukaan danau.


Sakung banyaknya ikan yang mati, hampir seluruh permukaan danau tertutup oleh bangkai ikan yang mengambang. Dari sekian jenis ikan yang mati juga terdapay jenis ikan sapu-sapu (sakarmut). Padahal ikan ini biasanya sangat kuat untuk hidup di lingkungan yang kotor maupun sedikit tercemar.

 

Melihat kondisi tersebut, akhirnya pihak PT.SIER dan Pemkot Surabaya langsung datang kelokasi dan mengambil sample dari air danau tersebut. Nantinya sample tersebut akan diperiksan di laboratorium masing-masing. Namun dari pemeriksaan awal yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya, dapat diketahui bahwa kandungan Chemical Oxcygen Demand (COD)nya cukup tinggi. 

 


Sedangkan kandungan Dissolved Oxygen (DO) masih dalam batas normal. Hal ini berarti ribuan ikan tersebut bukan mati karena pencemaran organik. Namun untuk Biological Oxygen Demand (BOD)nya masih akan dibawa ke laboratorium guna dilakukan pemeriksaan lebuh lanjut.Penyusuran juga terus dilakukan untuk mengetahui apakan ada industri yang melakukan kelalaian dalam mengeolah limbahnya. (yyan) 


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad