Heboh Boneka Arwah, Ternyata Berasal Dari Sini, Harganya Di Lapak Online Segini - Kabar Surabaya

Terbaru

Monday, January 10, 2022

Heboh Boneka Arwah, Ternyata Berasal Dari Sini, Harganya Di Lapak Online Segini

Heboh Boneka Arwah, Ternyata Berasal Dari Sini, Harganya Di Lapak Online Segini


Kabar Surabaya - Beberapa bulan belakangan ini banyak masyarakat yang heboh mengenai boneka arwah atau yang disebut juga sebagai spirit doll. kehebohan boneka arwah ini semakin menjadi saat banyak artis atau publik figure yang memiliki dan mempostingnya di media sosialnya masing-masing. Seperti halnya yang dilakukan oleh artis Ivan Gunawan yang memiliki dua buah boneka arwah.



Kehebohan artis Ivan Gunawan ini bermula dari tulisan banyak media yang menginformasikan jika artis yang juga desainer fashion ini memiliki anak. Setelah ditelusuri, rupanya anak yang dimaksud tersebut adalah sepasang boneka arwah yang penampilannya mirip seperti bayi laki-laki. Bahkan keduanya diberikan nama Miracle Putra Gunawan dan Marvelous Putra Gunawan.

 

Lantas, darimana asal mula Boneka Arwah ini bermula...?. Di Indonesia sendiri sejak dahulu sudah mengenal sosok boneka arwah, sebut saja jailangkung yang dibuat dari susunan kayu dan batok kelapa sebagai kepalanya. Namun khusus boneka arwah yang mirip dengan manusia ini mulai dikenal pada tahun 2016, dimana saat itu sedang nge-hits di negara Thailand.

 

Merebaknya boneka arwah di negara Thailand ini ditengarai oleh adanya kesulitan ekonomi warganya akibat adanya proses kudeta kekuasaan. Oleh masyarakat Thailand boneka arwah ini dianggap bisa membawa keberuntungan. Sehingga mereka memperlakukannya seperti anak mereka sendiri. bahkan ada juga yang sampai minta didoakan oleh para pemuka agama. Barulah pada akhir tahun 2021 lalu, boneka arwah ini menjadi booming di Indonesia.  

 

Saking miripnya dengan makhluk hidup, untuk memilikinya pun bahasa yang digunakan bukan jual beli, melainkan adopt (adopsi). Berdasarkan pantauan di beberapa lapak penjual online, Boneka Arwah ( Sporot Doll) ini dibandrol dengan harga mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah per-unitnya. Semakin mirip boneka ini dengan manusia, maka harganya semakin mahal. Biasanya boneka ini berbentuk bayi atau anak yang berusia kurang dari satu bulan.

 

Apakah dalam bonek tersebut memang berisi arwah...?. Tentunya sebagai manusia biasa kita tidak akan bisa mengetahui apakah didalam boneka tersebut terdapat arwah dari anak kecil. Padahal apakah memang ada "isi"nya atau tidak, tentunya pemiliknya tidak akan mengetahui. Atau apakah ini memang trik dari distributor bonekanya agar laris manis, juga tidak ada yang tahu. (yyan)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad