Operasi Zebra Semeru 2021, Polisi Kerahkan Unit Canggih Pantau Pelanggaran Jenis Ini - Kabar Surabaya

Breaking

Tuesday, November 16, 2021

Operasi Zebra Semeru 2021, Polisi Kerahkan Unit Canggih Pantau Pelanggaran Jenis Ini

Operasi Zebra Semeru 2021, Polisi Kerahkan Unit Canggih Pantau Pelanggaran Jenis Ini


Kabar Surabaya - Pada penghujung akhir tahun ini rupanya Pihak Kepolisian Lalu Lintas masih terus mengencangkan pengawasannya terhadap para pengendara. Hal ini sangat mutlak diperlukan agar masyarakat tetap taat dan patuh terhadap semua aturan berkendara di jalan raya. Sehingga tidak mencelakakan diri sendiri maupun orang lain.

 


Untuk menegakkan disiplin dalam berkendara di jalan raya ini, pihak Kepolisian Lalu Lintas kembali menggelar Operasi Zebra Semeru 2021. Kegiatan ini mulai digelar pada tanggal 15 November 2021 hingga tanggal 28 November 2021 mendatang. Operasi Zebtra kali ini akan menggabungkan disiplin masyarakat dalam berlalu-lintas dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan pula. Hal ini dikarenakan saat ini Indonesia masih mengalami Pandemi Covid-19.

 

Dalam Operasi Zebra Semeru 2021 ini pihak Kepolisian menargetkan delapan aspek pelanggaran dalam berlalu-lintas. Aspek-aspek tersebut adalah : 

1. Pengemudi yang menggunakan Handphone;
2. Pengemudi yang melawan arus;
3. Pengemudi sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu;
4. Pengemudi dan penumpang yang tidak menggunakan sabuk keselamatan;
5. Pengemudi yang masih di bawah umur;
6. Pengemudi dan penumpang sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI;
7. Pengemudi kendaraan bermotor yang mengkonsumsi Narkoba/mabuk;
8. Pengemudi berkendara yang melebihi batas kecepatan yang ditentukan.   


Operasi Zebra Semeru 2021 kali ini pihak Kepolisian juga melaunching piranti sistem canggih yang disebut Incar. Incar ini berupa suatu alat yang dapat memantau lalu-lintas secara mobile. Sistem ini diletakkan di dalam kendaraan mobil. Kendaraan ini akan bergerak secara mobile dijalan raya termasuk di jalan tol untuk memantau semua pengendara dai jalan raya.

 

Bila nantinya terdapat pelanggaran yang terekan oleh Incar, maka pelanggaran tersebut akan langsung terekam. Nomor kendaraan tersebut akan langsung terdeteksi pemiliknya. Kemudian pemiliknya akan mendapatkan notifikasi pelanggaran yang telah dilakukannya lewat surat yang langsung datang kerumah.

 

Secara fungsi, INCAR memang sama dengan kamera ETLE yang saat ini telah terpasang di banyak titik. Namun karena berada di dalam mobil Polisi, maka jangkauannya lebih panjang dan bisa lebih  mobile pergerakannya. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad