Gawat !!! M-Banking BCA Bisa Di Bobol Dengan Cara Ini - Kabar Surabaya

Terbaru

Friday, September 4, 2020

Gawat !!! M-Banking BCA Bisa Di Bobol Dengan Cara Ini

Gawat !!! M-Banking BCA Bisa Di Bobol Dengan Cara Ini


Kabar Surabaya - Dengan semakin berkembang pesatnya dunia teknologi digital, maka aktifitas manusia juga semakin cepat dan efektif. Seperti halnya dalam dunia keuangan yang saat ini sudah semakin canggih. Kalau dulu, untuk transfer sejumlah uang, kita harus mencari ATM terlebih dahulu, sekarang sudah tidak perlu susah-payah lagi. Karena saat ini sudah bisa transfer dengan menggunakan perantara Internet maupun dengan gadget.

Namun, sayangnya, dengan semakin meningkatnya dunia digital. Ternyata juga membuat para pelaku kejahatan di dunia digital ini menjadi semakin canggih. Tanpa perlu keluar rumah, mereka bisa dngan mudah melakukan pembobolan rekening kita dan menguras semua uang yang ada didalamnya. Jadi nasabah haruslah ekstra hati-hati.

Saat ini banyak sekali kasus uang nasabah suatu bank yang tiba-tiba uangnya terkuras habis tanpa nasabah mengetahui prosesnya. Biasanya mereka baru mengetahuinya saat akan melakukan transfer ke rekening orang lain. Saat akan transfer biasanya ada notifikasi kalau saldo tidak mencukupi. Lalu saat nasabah melakukan cek saldo, baru terlihat kalau dana direkeningnya tiba-tiba sudah berkurang sangat banyak.

Salah satu nasabah Bank BCA asal Kabupaten Malang juga mengalami hal yang serupa. Saat akan melakukan transfer ke rekening saudaranya, ternyata saldonya sudah ludes. Uang sebesar Rp.200.000 miliknya langsung hilang. Ternyata dirinya mengakui kalau beberapa hari sebelumnya nomer whatsapp miliknya telah dibajak orang yang tidak dikenal.

Namun nasabah ini mengaku masih beruntung dan iklash saja. Karena uang gaji dari suaminya masih belum ditransfer, sehingga hanya kehilangan uang Rp200.000 tersebut saja, 

Kejadian ini rupanya juga disadari oleh Pihak Bank BCA. Menurut pihak Bank BCA, banyak nasabah yang sudah berganti dengan nomor handphone (SIM) yang baru, namun nomor baru ini tidak didaftarkan ke Bank BCA. Hal inilah yang akhirnya bisa memicu terjadinya pencurian dana di rekening nasabah. 

Saat nasabah melakukan transaksi secara online, otomatis One Time Pasword (OTP) akan terkirim pada nomor Handphone yang lama. Jika akhirnya nomor handphone yang lama ini dikuasai oleh pelaku kejahatan, maka dengan mudah pelaku ini menguras saldo si pemilik rekening. 

Namun, Jahja Setiaatmadja selaku Presiden Direktur BCA dalam webinarnya menjelaskan bahwa Bank BCA siap mengembalikan uang nasabah yang diambil oleh para pelaku kejahanan ini. jadi apbila ada hacker yang meretas sisitim BCA lalu nasabah kehiangan uangnya BCA siap mengembalikan danan nasabah secara utuh. 

Adanya garansi ini sebagai salah satu cara bagi BCA untuk memberikan jaminan kenyamanan kepada setiap nasabah dalam melakukan bertransaksi sehari-hari.

Tetapi apabila aksi pencurian dana nasabah ini terjadi karena kesalahan nasabah, maka tidak akan diganti. Contohnya kesalahan yang tidak akan diganti adalah apabila nasabah memberikan PIN kartu atau pasword mobile banking ke orang lain. Selain itu PIN mudah ditebak oleh para penjahat seperti menggunakan angka 1234 atau huruf abcde. 

Ada tiga cara khusus agar uang dalam rekening bank nasabah tidak mudah digarong oleh penjahat, caranya sebagai berikut :
  1. Jangan pernah menuruti perintah apapun, seperti mengirimkan pesan lewatr SMS, mengaktifkan call forwarding maupun hal lain yang mencurigakan. 
  2. Aktifkan dan senantiasa perhatikan semua notifikasi transaksidari  kartu kredit ataupun account bank anda. Apabila terdapat hal yang mencurigakan segera mendatangi cabang bank terdekat.
  3. Jangan pernah menaruh no kartu kredit pada aplikasi yang memudahkan transaksi berbelanja. Apabila account tersebut diambil alih oleh orang lain hingga kartu tersebut berpotensi untuk disalahgunakan. (yyan)

8 comments:

  1. Oh my goodness! an excellent article dude. Many thanks However I am experiencing trouble with ur rss . Do not know why Not able to enroll in it. Will there be any person obtaining identical rss dilemma? Anyone who knows kindly respond. Thnkx aplikasi hack akun ff

    ReplyDelete
  2. Atm hilang mbangking diblokir, gimana cara tarik duit yg masih ada di saldo? Tapi malas urus ke banj

    ReplyDelete
  3. Semkin meresahkan bila sebuah keamanan sekelas bank bisa dibobol, sangat merugikan konsumennya yang terkena pembobolan. Saya pernah mengalami hal ini saat masih duduk di bangku kuliah. Semoga sistem keamanan bank bisa diperbaiki lebih baik lagi. Addwin Info

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih , padahal org lain yg tertimpa tapi orang sekitar jadi trauma taruh uang di bank

      Delete
  4. haha di ganti dari mana , om saya tempo hari kebobolan di mbcanya sebesar 3 juta gak di ganti sama pihak bank, malah membentuk tim investigasi ,, padahal gak ganti nomor , emang keluar sih notif sms mbca beberapa kode hari sebelumnya , padahal gak minta kode apa apa dan kode tersebut tidak di berikan oleh siapapun , tiba tiba besoknya saat hendak melakukan transfer saldo sudah habis , sudah lapor polisi dan sudah ke bca nyatanya hanya di katakan akan membentuk tim investigasi untuk melacak hacker tanpa mau mengganti kerugian nasabah ,,, jadi merinding dan takut nih nyimpen uang di bank

    ReplyDelete
  5. I am really enjoying reading your well written articles. It looks like you spend a lot of effort and time on your blog. I have bookmarked it and I am looking forward to reading new articles. Keep up the good work.
    atm processing services

    ReplyDelete
  6. very extraordinary content about burglary. I hope we are all always given good luck. download font pixellab

    ReplyDelete
  7. WhatsApp is a messaging app that allows you to easily send and receive multimedia files and participate in group conversations. There are versions of WhatsApp for a wide variety of platforms, including Android, iPhone, Mac, Windows, and Windows Phone. WhatsApp is an open-source app for Android devices.

    ReplyDelete

Post Bottom Ad