Wisata Anyar Mangrove Semakin Mempesona - Kabar Surabaya

Breaking

Friday, August 2, 2019

Wisata Anyar Mangrove Semakin Mempesona

Wisata Anyar Mangrove Semakin Mempesona

Kabar Surabaya - Kota Surabaya adalah kota yang terletak di tepi pantai. Jadi tidak heran jika Kota Pahlawan ini memiliki kawasan pantai dan kawasan mangrove (bakau). Saat ini Walikota Surabaya Tri Rismaharini berkeinginan untuk mempunyai suatu kawasan Kebun Raya. Kebun Raya ini nantinya adalah lahan konservasi bakau yang terbesar di dunia. 



Lokasi dari Kebun Raya Mangrove ini berada di kawasan Surabaya Timur. Kawasannya meliputi Sukolilo, Rungkut hingga Gunung Anyar. Nantinya kawasan Mangrove Rungkut Wonorejo akan menjadi satu dengan Mangrove yang ada di Gunung Anyar. 

Saat ini berbagai penataan masih terus di lakukan oleh Dinas Pertanian dan keTahanan Pangan Kota Sutrabaya. Salah satunya adalah mempercantik Kawasan Mangrove Gunung Anyar yang nantinya akan di gunakan sebagai pintu masuk dari Kebun Raya mangrove ini.



Upaya penataan Mangrove Gunung Anyar ini sudah mulai menampakkan hasilnya. Meskipun belum selesai seluruhnya, namun kawasan ini sudah menjadi semakin cantik dan banyak spot-spot foto yang Instagramable. Berikut beberapa spot foto yang bisa di jadikan koleksi untuk foto Instagram kamu.

1. Jogging Track Bambu
Joging Track yang di miliki Mangrove Gunung Anyar memang tidak terlalu panjang. Namun kelebatan tanaman bakau yang ada di kanan-kirinya akan membuatmu seakan berjalan di tengah hutan. Jogging Track bambu ini di lengkapi dengan Musholla yang terbuat dari bambu. 



Selain itu terdapat pula lokasi untuk berfoto Selfie berupa anyaman bambu berbentuk melingkar. Di sini pengunjung bisa duduk di atsnya sambil berfoto dengan latar belakang pepohonan bakau.

2. Jembatan Kayu
Keunikan dari jembatan kayu ini adalah adanya batang pohon yang menjalar di tengah-tengahnya. Pegunjung yang ingin melewatinya harus menundukan kepala terlebih dahulu. Batang pohon ini memang tidak di potong dan bisa di jadikan sebagai alat untuk foto selfie.  Jembatan kayu ini nanti akan menjadi penghubung ke kawasan Mangrove Gunung Anyar yang baru. 



3. Tempat Duduk Dengan Aneka Patung Binatang 
Setelah menyusuri Jogging Track Bambu, pengunjung akan di ajak menyusuri tepi sungai. Di sini jalanan sudah berupa paving. Di sisi sebelah kiri terdapat beberapa lokasi tempat untuk pengunjung beristirahat. 

Tempat istirahat ini berupa tempat duduk melingkar yang tengahnya terdapat meja dari semen. Ada beberapa tempat istirahat yang di lengkapi dengan patung binatang seperti Komodo, Buaya, dan Panda.


4. Menara Pantau
Menara Pantau ini memiliki ketinggian sekitar 12 meter. Menara ini dilengkapi dengan tangga putar untuk naik ke atasnya. Menara berwarna hijau ini bisa di naiki sampai 10 orang. Namun untuk menaikinya harus berhantian karena ukuran tangga putarnya lumayan sempit. Untuk anak-anak berusia 10 tahun ke bawah, harus dalam pengawasan penuh apabila ingin naik menara ini.

5. Dermaga Kayu
Dari dermaga inilah nanti para pengunjung bisa naik perahu untuk di ajak menyusuri sungai hingga ke Muara laut. Bentuk dermaga kayu ini sangat unik dan di lengkapi dengan 2 gazebo bambu yang sangat Instagramable loh...


6. Gazebo Besar
Ingin membawa banyak tamu atau ingin mengadakan acara di mangrove Gunung Anyar..?. Di sini telah di sediakan 2 Gazebo Besar yang bia menampung banyak orang.Bisa di pakai untuk arisan, reuni, halal-Bihalal dan acara lain lainnya.

Kedepannya lokasi Mangrove Gunung Anyar ini akan di lengkapi dengan persewaan sepeda angin. Sehingga para pengunjung akan bisa menyusuri kawasan ini dengan menggunakan sepeda angin.     


Bagi anda yang ingin ke Mangrove Gunung Anyar, langsung saja cari di Google Map "Wisata Mangrove Gunung Anyar". 

Kalau dari arah jalan Merr anda tinggal jalan menuju ke arah timur. Setelah menemukan Kampus UPN terus lagi ke arah timur. Nanti anda akan menemukan rumah pompa. Lanjutkan lagi perjalanan ke arah timur sampai menemukan jembatan. Dari sini sudah ada petunjuk untuk ke arah Mangrove Gunung Anyar. Setelah melewati rumah susun anda akan menemukan barisan pohon cemara udang yang akan menuntun anda ke lokasi Mangrove Gunung Anyar.


Untuk masuk ke Mangrove Gunung Anyar anda tidak akan di kenakan biaya, alias Gratis. Anda hanya akan di kenakan biaya parkir kendaraan saja. (Yudha)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad