Rute Baru Suroboyo Bis Di Sambut Meriah Oleh Warga Gunung Anyar - Kabar Surabaya

News

Saturday, August 24, 2019

Rute Baru Suroboyo Bis Di Sambut Meriah Oleh Warga Gunung Anyar

Rute Baru Suroboyo Bis Di Sambut Meriah Oleh Warga Gunung Anyar

Kabar Surabaya - Suroboyo Bis telah mengaspal di jalanan Kota Surabaya selama 2 tahun lebih. Bis yang identik dengan warna merah menyala ini telah mendapatkan tempat khusus di hati warga Surabaya. Setiap bulannya grafik penumpang Suroboyo Bis ini menunjukkan angka yang semakin meningkat. Hal ini menunjukkan kalau Bis ber-plat merah ini semakin di minati oleh masyarakat.



Rute dari Suroboyo Bis ini juga mengalami penambahan setiap tahunnya. Bermula hanya melayani rute terminal Purabaya/Bungurasih hingga Jalan.Rajawali. Rute ini di tambah dengan rute dari barat ke tumur, yaitu Rute dari kampus Universitas Negeri Surabaya (Unesa) hingga ke kampus Instutut Teknologi Surabaya (ITS).

Pada tahun 2019 ini Dinas Perhubungan Kota Surabaya kembali menambah rute baru untuk Suroboyo Bis. Rute baru ini melintas di jalan Ir.SSoekarno (Jalur Merr) Kota Surabaya. Rute ini melayani kawasan Gunung Anyar hingga ke kawasan Kenjeran Kota Surabaya. Rute baru ini resmi di luncurkan tepat pada perayaan Hari Kemerdekaan RI yang ke 74. Prosesi peresmian rute baru ini di laksanakan di Lokasi Park and Ride Arif Rahman Hakim Surabaya.


Peluncuran unit Suroboyo Bis pertama yang melewatu jalur Merr ini terasa sangat special. Hal ini di karenakan hampir semua penumpangnya adalah warga dari kawasan Gunung Anyar dan jajaran pemerintahannya. Tampak hadir sebagai penumpang Suroboyo Bis ini adalah Camat Gunung Anyar Anna Fajriatin, AP,MM, Lurah Rungkut Menanggal Nurul Aziza serta beberapa warga Gunung Anyar lainnya.

Dalam wawancara singkatnya, Camat Anna mengharapkan dengan adanya Suroboyo Bis yang melewati Jalan Merr ini maka perekonomian warga di kawasan Gunung Anyar akan bisa meningkat. Beliau berharap nantinya banyak warga di luar Gunung Anyar yang lebih mengenal kawasan yang berada di ujung timur Kota surabaya ini.


Nantinya rute Merr ini akan di layani oleh 4 unit Suroboyo Bis. Suroboyo Bis ini akan mulai berjalan pada pukul 06.00wib hingga pukul 21.00wib. Total waktu lintasan rute Merr ini dari Park and Ride Arif Rahman hakim hingga kembali lagi ke lokasi semula adalah 2 jam perjalanan. Sepanjang jalur Merr ini terdapat 35 halte yang bisa di gunakan oleh masyarakat untuk naik Suroboyo Bis ini.

Banyak masyarakat Gunung Anyar yang sangat antusias untuk mencoba Suroboyo bis ini. Hal ini terlihat dari banyaknya penumpang yang sudah menantikan Suroboyo Bis ini di Halte Gunung Anyar di sekitar Perumahan Puri Mas Surabaya. Banyak di antara mereka rupanya belum pernah mencoba naik Suroboyo Bis ini.


Salah satu penumpang yang sempat Kabar Surabaya temui mengungkapkan bahwa memang baru kali ini merasakan naik Suroboyo Bis. Mereka bersyukur akhirnya Suroboyo bis bisa melewati jalur Merr di dekat tempat tinggalnaya. "Sebenarnya anak-anak sudah pengen naik dari dulu, tapi kalau di Bungurasih jaraknya terlalu jauh mas," kata Zamroni warga Gunung Anyar Tengah.

Harapan dari penumpang Suroboyo Bis ini supata Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) bisa menempatkan lokasi untuk penukaran botol bekas di kawasan Gunung Anyar. Sehingga warga tidak perlu jauh-jauh ke Bungurasih untuk menukarkan botol bekas yang akan di gunakan sebagai pegganti tiket Suroboyo Bis.


Bisa di bilang di rute Suroboyo Bis di gunung anyar ini adalah satu-satunya rute yang melewati perkampungan padat penduduk. Bis plat merah ini juga merupakan transportasi umum pertama yang melintasi jalur Merr. Pemkot Surabaya berharap Suroboyo Bis ini bisa menjadi trasportasi alternatif yang bisa membuat masyarakat bisa berpindah dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum. Hal ini di karenakan jalur Merr semakin lama terasa semakin padat. (Yanuar Yudha)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad