Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Indomaret - Kabar Surabaya

News

Tuesday, August 6, 2019

Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Indomaret

Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Indomaret

Kabar Surabaya – Pajak adalah salah satu daya sokong utama bagi pemerintah dalam melaksanakan program-program pembangunan yang telah direncanakan. Hal ini tentunya juga harus ditunjang oleh peran serta masyarakat dalam membayar pajak. 


Maka dari itu, pemerintah telah membuat beragam cara agar masyarakat menjadi semakin mudah dalam menunaikan pajaknya. Salah satu cara yang baru saja diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur adalah, pembayaran pajak melalui toko retail Indomaret.

Program pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui Payment Point Online Bank (PPOB) Indomaret ini diresmikan secara langsung oleh Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Peresmian ini dilaksanakan pada hari Rabu (24/4) dalam acara Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik Jawa Timur 2019 di Kota Banyuwangi. 


Dalam kesempatan tersebut, Gubenur wanita pertama di Provinsi Jawa Timur ini menjelaskan bahwa program-program seperti inilah yang sangat di butuhkan oleh masyarakat. “Cepat, tidak ribet dan bisa cetak sendiri,”jelas Khofifah Indar Parawansa. 

Bahkan dalam caption Instagramnya beliau menuliskan “Jangan sampai kamu menjadi tidak produktif, terus menjomblo, dan akhirnya terlambat menikah hanya karena waktunya di habiskan untuk mengurus dokumen kendaraan bermotor, maturnuwun”.



Di dalam event pameran tersebut, dipaparkan juga bagaimana cara melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor di gerai Indomaret.  Ternyata caranya sangatlah mudah.

Wajib pajak tinggal datang ke kasir, lalu menunjukkan KTP dan STNK asli kendaraan. Kemudian pihak kasir akan segera memasukkan data berupa Nomor Polisi, Nomor Mesin Kendaraan, serta Nomor HP wajib pajak. Setelah melakukan pembayaran, wajib pajak akan menerima Elektronik Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (E-TBPKP). 

Bukti pelunasan dari Indomaret  ini berupa sms-bitly, yang apabila diklik, akan muncul gambar dari Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (E-TBPKP) tersebut.


Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (E-TBPKP) ini nantinya bisa disimpan di HP atau bisa diprint sendiri untuk kemudian disimpan secara fisik. Wajib pajak juga tidak perlu lagi mendatangi kantor Samsat setelah melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di garai Indomaret.

E-TBPKP ini juga dilengkapi dengan barcode (QR Code) yang merupakan bukti valid dan sah bahwa wajib pajak telah melakukan menunaikan pajak kendaraan bermotornya. Apabila di kemudian hari terdapat razia kendaraan bermotor, maka wajib pajak bisa menunjukkan barcode yang ada. 

Pada prakteknya nanti, pihak Kepolisian akan melakukan scan terhadap barcode tersebut untuk mengetahui apakah wajib pajak sudah melunasi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotornya.


Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di gerai Indomaret ini tentunya adalah suatu terobosan terbaru yang sangat luar biasa. Masyarakat benar – benar diberikan kemudahan dalam hal pembayaran pajak, yang dulu di anggap sangat merumitkan. 

Ada beberapa kemudahan yang bisa di dapatkan masyarakat ketika melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di gerai Indomaret, yaitu :


Hemat Bahan Bakar : Tidak di bisa dipungkiri, kalau keberadaan gerai Indomaret ini sudah sangat meluas. Hampir di setiap Kelurahan di Provinsi Jawa Timur ini kita bisa menemukannya. Bahkan di Kota Besar seperti Surabaya, kita bisa menjumpai lebih dari satu gerai di setiap Kelurahan. 

Hal ini tentu saja akan memudahkan masyarakat apabila ingin melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotornya. Masyarakat sudah tidak perlu lagi bepergian ke Kantor Samsat ataupun Samsat Corner yang letaknya jauh dari kediamannya. Mereka cukup menuju ke gerai Indomaret  terdekat untuk menunaikan pajaknya. Tentu saja akhirnya masyarakat bisa mengirit penggunaan bahan bakar kendaraannya.


Hemat Waktu : Sebenarnya proses pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor ini sangatlah singkat. Namun, yang membuat waktu menjadi lama adalah ketika antri untuk menunggu giliran membayar.
Apabila masyarakat menunaikan pajaknya di gerai Indomaret, tentunya akan sangat mempersingkat waktu tunggu tersebut. Bahkan bisa jadi tidak akan menunggu dan langsung dilayani, mengingat, gerai Indomaret ini jumlahnya sekitar 16.000 di seluruh Indonesia. 

Jadi, masyarakat  Jawa Timur yang saat ini mungkin sedang merantau ke provinsi lain, tetap bisa melakukan pembayaran pajaknya tanpa harus pulang ke daerah asal masing-masing.


Keleluasaan Waktu : Saat ini sudah banyak gerai Indomaret yang buka selama 24jam. Hal ini tentunya akan lebih memudahkan masyarakat yang terkendala waktu dalam melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor.

Seperti halnya para pekerja kantoran yang baru pulang pada sore atau malam hari. Mereka tetap bisa menunaikan pajaknya selepas pulang kerja tanpa perlu ijin kerja kepada atasannya. Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor ini juga bisa di lakukan pada hari Minggu atau hari libur nasional lainnya.
Terobosan cara baru pembayaran pajak ini sangatlah diperlukan dan bisa menjadi win-win solution bagi pemerintah maupun masyarakat sebagai wajib pajak. 


Di satu sisi, masyarakat dimudahkan dalam melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotornya, di sisi yang lain pemerintah Provinsi Jawa Timur juga bisa memaksimalkan pendapatan dari pajak tersebut yang potensinya sebesar Rp 359.916.900/tahun. 

Kemudahan dalam hal melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor ini tentunya sejalan dengan motto Gubenur dan Wakil Gubenur Provinsi Jawa Timur, yaitu Cepat, Efektif, Tanggap, Transparansi dan Responsif atau yang di singkat dengan CETTAR.  


Prinsip– prinsip inilah yang kemudian di harapkan oleh Khofifah Indah Parawansa dan Emil Elestianto Dardak untuk bisa mendongkrak kinerja dari para pegawai di Pemerintahan Provinsi Jawa Timur. “Tentunya, muara dari prinsip CETTAR ini adalah pelayanan yang maksimal kepada rakyat Jawa Timur secara keseluruhan dan tanpa pandang bulu,” terang Khofifah dalam suatu kesempatan. (Yanuar Yudhatama)

1 comment:

Post Bottom Ad