Waspada !!! PLN Akan Segera Mengganti Meteran PLN, Diawali 7 Daerah Ini - Kabar Surabaya

Terbaru

Wednesday, August 23, 2023

Waspada !!! PLN Akan Segera Mengganti Meteran PLN, Diawali 7 Daerah Ini

Waspada !!! PLN Akan Segera Mengganti Meteran PLN, Diawali 7 Daerah Ini



Kabar Surabaya - Pada beberapa bulan kedepan, pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan segera mengganti semua meteran yang ada di rumah pelanggannya. Penggantian meteran ini berlaku untuk semua jenis meteran, baik itu meteran Pra-Bayar dan meteran Pasca Bayar. Penggantinya adalah meteran listrik dengan teknologi terbaru yang bernama Smart Meter Advance Metering Infrastructure (AMI). 



Lantas, apa keunggulan meteran AMI bila dibandingkan dengan meteran konvensional sebelumnya..?. Menurut pihak PLN, meteran AMI ini merupakan meteran canggih yang nantinya bisa mempermudah para pelanggan untuk mengontrol tingkat komsusmsi listrik mereka secara online dan update. 


Dengan meteran Smart AMI ini nilai tagihan listriknya bisa diketahui secara real time meskipun belum akhir bulan. Hal ini bisa dilakukan karena meteran yang baru ini nantinya akan bisa terkoneksi dengan aplikasi PLN yang ada di HP pelanggan. Program pergntian meter AMI ini sudah mulai diterapkan kepada 103.615 pelanggan. Targetnya, hingga akhir tahun nanti PLN akanmenjangkau sebanyak 1.2 juta pelanggan.


Pada tahap awal ini uji coba sudah mulai dilakukan di delapan kota besar. Kota-kota tersebut adalah :
1. Jakarta
2. Bandung
3. Banten
4. Magelang
5. Sidoarjo
6. Medan
7. Makasar
8. Bali


Smart Meter AMI ini memeiliki beberapa kelebihan apabila dibandingkan dengan meter konvensional, seperti :
1. Pelanggan bisa memilih layanan pascabayar maupun prabayar. 
2. Proses recovery time akan lebih cepat ditangani saat terjadi gangguan listrik karena bisa terdeteksi sistem secara realtime. 
3. Petugas tidak perlu lagi melakukan pembacaan rekening secara manul, karena semua sudah terhubung via aplikasi. Petuga hanya datang saat terjadi hangguan saja.


Lantas, berapa biaya penggantian smart meter AMI ini..?. Dalam penggantian ini, pihak PLN tidak akan menganakan biaya apapun kepada pelanggan, alias gratis. Pelangga juga diminta untuk berhati-hati, apabila ada petuga PLN yang datang kerumah, pastikan untuk meminta surat keterangan tugasnya. Jangan pernah membukakan pintu kepada petugas abal-abal. (yyan) 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad