Kecamatan Surabaya Ini Punya Kualitas Udara Terbaik, Apakah Rumahmu Masuk Didalamnya ? - Kabar Surabaya

Terbaru

Tuesday, August 22, 2023

Kecamatan Surabaya Ini Punya Kualitas Udara Terbaik, Apakah Rumahmu Masuk Didalamnya ?

Kecamatan Surabaya Ini Punya Kualitas Udara Terbaik, Apakah Rumahmu Masuk Didalamnya ?


Kabar Surabaya - Balakangan ini, semua media kompak memberitakan betapa buruknya kualitas udara di DKI Jakarta. Bahkan, tenaga kesehatan sudah memberikan peringatan khusus agar masyarakat waspada terhadap gangguan ISPA. Apalagi terhadap anak-anak yang setiap harinya berangkat sekolah dan para pekerja yang setiap saat berada di luar rumah. Tentunya sangat rentan menderita gangguan pernafasan.



Lantas bagaimana denga Kota Surabaya...?. Sebagai kota terbesar kedua setelah DKI Jakarta, tentunya Kota Pahlawan ini juga memiliki resiko yang hampir sama dengan Jakarta. Selain mirip dari segi kemacetan dan jumlah kendaraannya, banyaknya jumlah industri juga ikut mempengaruhi jumlah polutan. Namun uniknya, sampai saat ini kondisi udara di Kota Surabaya masih terbilang sehat dengan kualitas sedang.


Dalam paparannya, Arie Dipareza Syafei, selaku Pakar Lingkungan Institut Tekonologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) juga menyebutkan bahwa Kota Pahlawan ini memeliki dua kawasan dengan kondisi udara yang terbaik. Kawasan tersebut adalah daerah yang berada di Surabaya Timur dan Surabaya Barat.


Di Surabaya Timur sendiri, Kecamatan Gunung Anyar Gunung Anyar dan Rungkut yang berada di sisi timur masih memiliki kualitas udara yang cukup baik. Hal ini dikarenakan adanya kawasan Kebun Raya Mangrove yang cukup luas. Tanaman Mangrove ini rupanya memiliki peran yang tinggi untuk menyerap polutan. Selain itu, sisi timur Kecamatan Gunung Anyar ini masih banyak memiliki ruangan terbuka hijau. Luasanya akan tetap dijaga dengan menetapan suatau kawasan menjadi kawasan konservasi.


Sedangkan untuk kawasan Surabaya Barat juga memiliki kondisi udara yangsama baiknya. Dikawasan tersebut masih banyak lahan pertanian dan perkebunan yang cukup luas. Sehingga mampu untuk mengurangi gas polusi.


Untuk kawasan Kota Surabaya yang cukup tinggi tingkat polusinya berada di kawasan Industri SIER. Hal ini cukup wajar, mengingat kawasan tersebut adalah kawasan industri dengan jumlah pabrik yang mencapai ratusan. Selain itu, jalan raya sepanjang Jalan Ahmad Yani hingga Basuki Rahmat juga tercatat sebagai kawasan dengan tingkat polusi yang cukup tinggi. Namun, kawasan tengah kota seperti Tunjungan malah mencatatkan tingkat udara yang cukup baik.


Namun seperti yang diulas diatas, kondisi udara di Kota Surabaya tercatat cukup baik dan layak hirup. Untuk menjaga kualitas dari udara sehat ini, Pemkot Surabaya tetap melakukan langkah-langkah strategis, seperti menambah luasan kawasan terbuka hijau dan kembali menggalakkan program satu jiwa satu pohon. (yyan)  


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad