Banyak Fasilitas Baru, Warga Serbu Kabun Raya Mangrove Surabaya - Kabar Surabaya

Terbaru

Monday, July 31, 2023

Banyak Fasilitas Baru, Warga Serbu Kabun Raya Mangrove Surabaya

Banyak Fasilitas Baru, Warga Serbu Kabun Raya Mangrove Surabaya


Kabar Surabaya - Semenjak diresmikan oleh Megawati Sukarno Putri pada hari Rabu (26/07/2023) kemarin, Kebun Raya Mangrove Surabaya sontak langsung menjadi jujugan warga untuk ber-akhir pekan. Pemberitaannya yang viral mengenai diberbagai media sosial membuat masyarakat menjadi penasaran. Hingga, pada akhir pekan ini Kebun Raya Mangrove satu-satunya di Indonesia ini langsung kebanjiran pengunjung.



Hal ini tampak pada hari Minggu (30.07/2023) kemarin, dimana Kebun Raya Mangrove Surabaya dipenuhi oleh pengunjung. Sejatinya,  destinasi wisata Mangrove ini baru dibuka pada pukul 08.00wib, namun pengunjung sudah mulai berdatangan sejak pukul 06.00wib. Meski demikian, pengunjung tetap bisa masuk ke lokasi, karena memang pintu masuknya tetap dibuka. Biasanya, mereka yang datang pada pagi hari ini adalah warga yang ingin berolahraga, baik jogging mupun bersepeda.  


Bagi pengunjung yang membawa kendaraan, bisa langsung memarkirkan kendaraannya di lokasi parkir yang baru.  Lokasi parkiran ini cukup luas dan bisa menampung Motor, Mobil, Bus, maupun Sepeda Angin. Untuk Bus tarif parkirnya Rp 25.000, Mobil Rp 10.000 dan Motor Rp 5000. Sedangkan untuk sepeda angin tarifnya gratis.


Pada gapura pintu masuk Kebun Raya Mangrove Surabaya telah disediakan semacam loket untuk pembayaran tiket masuk. Namun sampai saat ini pengunjung masih bisa masuk secara Gratis, karena harga tiket masuknya masih menunggu aturan yang akan dibuat. Sebagai gantinya, pengunjung diwajibkan untuk mengisi buku tamu yang telah disediakan.


Peningkatan status dari Eco Wisata Mangrove manjadi Keban Raya Mangrove, membuat Pemkot Surabaya menambahkan beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Beberapa fasilitas baru tersebut adalah :

1. Marchendise (Garai Oleh-Oleh)

Gerai ini menjual beragam oleh-oleh yang bisa dibawa pulang sebagai buah tangan. Beragam buah tangan seperti baju dengan motif logo mangrove bisa dibawa pulang dengan membayar Rp 55ribu. Selain itu adapula makanan khas Mangrove seperti kerupuk ikan, cookies mangrove dan selai mangrove juga bisa didapatkan disini.


2. Science Center

Ruangan ini dikhususkan bagi mereka yang akan melakukan penelitian di kawasan Kebun Raya Mangrove. Bagi para mahasiswa yang ingin melakukan penelitian mengenai mangrove, kemungkinan bisa menggunakan fasilitas ini. Namun fasilitas ini masih dalam tahap finishing.


3. Stand Makan Minum

Di area ini pengunjung bisa beristirahat sejenak untuk menikmati makanan dan minuman yng disajikan oleh para pelaku UMKM setempat. Beragam makanan seperti Nasi Pecel, Nasi Campur, bakso dan mie ayam tersedia disini. Beragam kudapan seperti kebab dan dimsum juga ada. Jangan khawatir mengenai harga, karena semuanya harga normal layaknya warung makan pada umumnya. 

Istimewanya, lokasi ini juga difasilitasi wifi gratis yang bisa diakses oleh semua pengunjung. Kecepatannya juga cukup kencang, bisa untuk meng-upload vidio maupun foto mengenai Mangrove di Media soasial masing-masing.


4. ATV Arena

Area ini merupakan wahana pemacu Adrenalin yang bisa dinikmati oleh semua pengunjung. Dengan membayar tiket sebesar Rp 50.000 pengunjung bisa menikmati dua putaran rute yang telah didesain oleh petugas. Untuk 1 unit ATV bisa dinaiki hingga 3 orang (2 Orang Dewasa dan 1 anak). Jenis ATV-nya termasuk yang ukuran besar, sehingga bisa muat banyak penumpang.


5. Perahu Bebek dan Kano di Bozem Mewah

Khusus fasilitas ini pengunjung bisa menikmati Bozem atau Danau Buatan dengan mengendarai Perahu Bebek dan Kano. Pengunjung bisa membeli bibit Mangrove seharga Rp 5000 untuk digunakan sebagai alat pembayaran wahana ini untuk per-satu orang. 



6. Dermaga Perahu

Dengan membayar Rp 25.000, pengunjung bisa menikmati susur sungai yang mirip dengan Sungai Amazon. Selama perjalanan, penumpang perahu akan dimanjakan oleh lebatnya Mangrove dan fauna yang muncul dari rimbunnya pohon bakau. Satwa seperti Monyet, Burung bangau dan Biawak akan terlihat selama perjalanan menuju ke Laut. 


Bagi masyarakat yang kesulitan transportasi, jangan khawatir, selama Sabtu dan Minggu ada angkutan fedeer wira-wiri yang bersedia mengantarkan hingga ke dalam Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar. Jadi, segera rencanakan kunjungan anda bersama keluarga untuk menikmati Kebun Raya Mangrove Surabaya..mumpung masih gratis..hehe (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad