Lansia 71 Tahun Semangat Ikut Donor Darah Di Hari Jadi SIER Ke 49 - Kabar Surabaya

Terbaru

Thursday, March 16, 2023

Lansia 71 Tahun Semangat Ikut Donor Darah Di Hari Jadi SIER Ke 49

Lansia 71 Tahun Semangat Ikut Donor Darah Di Hari Jadi SIER Ke-49


Kabar Surabaya - Setelah status masa PPKM dicabut oleh pemerintah, Banyak pihak langsung menggenjot kembali aktivitasnya. Termasuk diantaranya adalah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya yang langsung sibuk untuk melakukan kegiatan donor darah. Untuk lebih efektif dalam mengumpulkan kantong darah, pihak PMI kemudian menggandeng banyak pihak untuk diajak kerjasama.



Hal ini seperti yang dilakukan oleh PMI Kecamatan Gunung Anyar yang melakukan kerjasama dengan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER). Kegiatan donor darah yang pusatkan di Wisma SIER, Jl. Rungkut Industri Raya no. 10 ini berlangsung pada hari Kamis (16/03/2023). Beberapa hari sebelumnya pihak PT SIER telah menyebarkan flyer yang berisikan link pendaftaran secara online. Sehingga kegiatan donor darah ini bisa diikuti oleh masyarakat umum.


Puspita Ernawati, selaku Kepala Departemen TJSL PT SIER memaparkan bahwa kegiatan donor darah ini merupakan salah satu bentuk dari  Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan dan memang sudah dilakukan secara rutin. Kegiatan yang terselenggara kali ini juga dalam rangka Semarak Rangkaian Hari Jadi PT.SIER yang ke 49. Bagi pendonor yang berhasil mendonorkan darahnya, akan mendapatkan bingkisan beripa beras 5 kg, minyak goreng, biskuit kaleng, dan tumbler. 


Dari pengamatan Kabar Surabaya, antusiasme masyarakat untuk mendonorkan darahnya di PT SIER ini cukup tinggi. Begitu meja registrasi dibuka, masyarakat sudah mulai berdatangan. Salah satunya adalah Ony Hariyono. Meskipun untuk berjalan pria berusia 71 tahun ini harus menggunakan alat bantu berupa tongkat, namun semangatnya untuk mendonorkan darahnya masih tetap tinggi. 



"Biasanya saya rutin donor darah di Kantor PMI Embong Ploso, tapi saya lihat di media online ada di SIER, jadi saya langsung kesini, Ini donor darah yang ke 109 kali bagi saya," terang Ony.


Atusiasme masyarakat yang mendonorkan darahnya juga terlihat dari jumlah kantong darah yang berhasil dikumpulkan. Nanang Mardiyoso selaku Ketua PMI Kecamatan Gunung Anyar menjelaskan, bahwa kegiatan donor darah kali ini berhasil mengumpulkan 95 kantong darah. 

"Memang ada sejumlah pendonor yang ternyata tidak lolos skreening, biasanya pada saat diperiksa, HB nya terlalu tinggi atau rendah, demikian juga dengan tekanan darah yang terkadang juga rendah," terang Nanang. 



Dalam kesempatan ini, Nanang juga mengimbau agar masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya untuk menjaga stamina tubuhnya. Terutama untuk tidak tidur terlalu malam saat esoknya akan donor darah. Karena hal tersebut akan membuat tekanan darah menjadi rendah. Namun, kepada mereka yang belum bisa lolos skreening ini, Nanang menginformasikan bahwa pada hari Sabtu (18/03/2023) mendatang ada kegiatan donor darah lagi di Pondok Pesantren Safinda Rungkut Tengah.



Sedangkan Ario Bagus Permadi, selaku Camat Gunung Anyar mengaku cukup terkejut dengan banyaknya masyarakat yang mendonorkan darahnya pada kegiatan Hari Jadi PT.SIER ini. Harapannya, kegiatan sosial yang dilakukan oleh PT.SIER ini bisa terus berlanjut ke kegiatan-kegiatan sosial lainnya dan bisa menjangkau seluruh warag Gunung Anyar. (yyan) 





No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad