Waspada !!!, SuperMoon Bisa Sebabkan Banjir ROB Di Tiga Kawasan Ini  - Kabar Surabaya

Terbaru

Tuesday, January 17, 2023

Waspada !!!, SuperMoon Bisa Sebabkan Banjir ROB Di Tiga Kawasan Ini 

Waspada !!!, SuperMoon Bisa Sebabkan Banjir ROB Di Tiga Kawasan Ini 


Kabar Surabaya - Mulai hari Rabu (18/01/2023) besok, sebagian wilayah Provinsi Jawa Timur harus ekstra waspada. Kewaspadaan ini erat kaitannya dengan fenomena bulan baru atau Super New Moon yang bakal terjadi. Fenomena Super New Moon ini diduga bisa mengakibatkan bencana alam berupa Banjir Rob. Banjir Rob sendiri merupakan fenomena alam dimana ketinggian permukaan air laut meningkat dan meluber ke arah daratan.

 


Hal ini seperti disampaikan oleh  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Perak Surabaya. Dimana mulai besok akan ada Fenomena Super New Moon yang bersamaan dengan jarak terdekat antara Bulan dengan Bumi. Kondisi tersebut menyebabkan daya tarik grafitasi  bulan menjadi sangat tinggi dan bisa membuat permukaan air laut dalam kondisi tinggi yang maksimum.

 

Meningkatnya permukaan air laut ini bakal membuat beberapa kawasan di Provinsi Jawa Timur akan mengalami Bajir Rob. BIasanya Banjir Rob akan menggenangi kawasan pesisir, seperti perumahan yang ada di tepi pantai, pelabuhan, tambak dan beberapa lokasi lainnya. Untuk Kota Surabaya, daerah yang rawan terkena Banjir Ron adalah kawasan Surabaya Timur dan Surabaya Barat.

 

Sutarno Prakirawan Stasiun Metereologi Maritim Tanjung Perak Surabaya mengatakan bahwa Fenomena banjir Rob di Surabaya bisa terjadi selama enam hari. Untuk daerah yang kemungkinan akan terdampak adalah Kecamatan Bulak, Kecamatan Asemrowo dan Kecamatan Krembangan.

 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad