Segarnya Soto Daging Gunung Anyar, Soto Khas Suroboyoan - Kabar Surabaya

Terbaru

Tuesday, January 10, 2023

Segarnya Soto Daging Gunung Anyar, Soto Khas Suroboyoan

Segarnya Soto Daging Gunung Anyar, Soto Khas Suroboyoan

 

Kabar Surabaya - Soto adalah sajian kuliner yang menggunakan daging ayam atau daging sapi sebagai bahan utamanya. Soto juga merupakan sajian kuliner yang ada di berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Uniknya, setiap daerah memiliki rasa dan racikan bumbu yang berbeda, antara satu dengan lainnya. Sehingga nama sotonya juga menjadi berbeda,sesuai dengan daerah asalnya Sebut saja Soto Madura, Soto Lamongan, Soto Banjar, Soto Makasar, Soto Kudus, Soto Betawi dan masih banyak lagi lainnya.



Lantas bagaimana dengan Kota Surabaya...?. Rupanya, sajian kuliner soto di kota terbesar kedua setelah Jakarta ini masih didominasi oleh soto dari daerah tetangga, yaitu Lamongan dan Madura. Namun kali ini admin menemukan satu kedai Soto yang menamai menunya sebagai Soto Gunung Anyar. Seperti namanya, kedai Soto ini berada di Kecamatan Gunung Anyar Surabaya Timur, tepatnya di kawasan Merr atau Jl Ir.Soekarno.

 

Soto Gunung Anyar ini merupakan Soto dengan bahan utama berupa daging sapi. Ada 3 menu utama yang ditawarkan, yaitu Soto Daging, Soto Babat dan Soto Kikil. Untuk soto daging dan babat bisa minta untuk dicampur. Untuk harganya sendiri sangatlah murah bagi soto daging. Satu porsi Soto babat dan Soto daging di bandrol dengan harga Rp 18.000, sedangkan untuk soto kikil harganya Rp 23.000. Harga tersebut sudah termasuk kerupuk yang diberikan gratis. 


Keunikan dari Soto Daging Gunung Anyar ini terletak pada jenis sayuran yang digunakan. Ada 2 jenis sayuran, yaitu kecambah/toge panjang dan irisan 1/4 tomat. Kedua sayuran ini benar-benar membuat rasa sotonya menjadi lebih segar. Sedangkan untuk kuahnya berisikan rempah yang sedikit mirip dengan soto daging Madura, namun rasanya lebih ringan. Jadi ketika diseruput, langsung masuk ke tenggorokan dengan mulus. 


Warna kuahnya berwarna kekuningan dan tanpa lapisan lemak diatasnya. Hal tersebut tentunya tidak umum dijumpai pada soto daging, karena biasanya pada soto daging selalu ada lapisan atau gelembung lemak dipermukaan kuahnya. Kondisi kuah tanpa lemak tersebut kemungkinan bisa didapatkan karena semua dagingnya ditempatkan terpisah dari kuahnya. Daging baru dimasukkan ke dalam kuah sesaat akan dihidangkan.

 

Soto Daging Gunung Anyar ini tidak pelit untuk memberikan daging. Ada cukup banyak daging yang diberikan dalam semangkok Soto. Ukurannya medium dan teksturnya sangat lembut. Bahkan untuk ukuran daging babat, teksturnya cukup lembut. Tidak ada bau "lebus": dan rasa "ngendal" saat daging disantap. Benar-benar Soto Daging yang bisa didefinisikan sebagai Soto segar meskipun disantap pada siang hari yang panas.



Kedai Soto Daging Gunung Anyar ini di dominasi dengan warna kuning. Meskipun berada tepat di pinggir kawasan Merr, suasananya cukup bersih. Penataan ruangannya cukup apik dan cantik. Penyajian Soto Daging Gunung Anyar ini juga cukup unik, pada bagian bawah mangkok soto masih diberikan alas piring kecil agar tidak panas untuk dipegang, Sedangkan kerupuk dan jeruk nipis  ditempatkan pada mangkok terpisah. 


Kedai Soto Gunung Anyar ini bekerjasama dengan warkop yang ada disebelahnya. Jadi untuk pembelian minum akan dilayani dari warkop. Jadi, jika anda ingin merasakan Soto Khas Suroboyoan, bisa langsung datang ke Soto Daging Gunung Anyar....


 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad