Terbaru !!!, Pemilik Kartu BPJS Kesehatan Akan Dapat 5 Jenis Bansos Ini - Kabar Surabaya

Terbaru

Wednesday, December 14, 2022

Terbaru !!!, Pemilik Kartu BPJS Kesehatan Akan Dapat 5 Jenis Bansos Ini

Terbaru !!!,  Pemilik Kartu BPJS Kesehatan Akan Dapat 5 Jenis Bansos Ini


Kabar Surabaya - Tahun 2023 sudang tinggal beberapa minggu lagi. Namun ada baiknya, mulai sekarang peserta BPJS Kesehatan untuk segera mempersiapkan dokumen berupa KTP dan Kartu Keluarga (KK). Hal ini dikarenakan pemerintah akan memberikan kembali Bantuan Sosial (Bansos) kepada para peserta BPJS Kesehatan. 

 

Bansos yang akan diberikan ini lumayan cukup banyak, yaitu 5 jenis Bansos. Pemberian kepada peserta BPJS Kesehatan ini termasuk baru pertama kali diberikan. Sebab, sebelumnya pemberian Banson disalurkan kepada mereka yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Ke-5 Bansos tersebut adalah :


1. Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) Anak Sekolah

Bantuan ini diberikan kepada pemilik KIS BPJS Kesehatan, KK dan KTP yang memiliki komponen pendidikan dari SD, SMP, SMA/SMK.  Bantuan ini diberikan kepada keluarga yang tidak mampu  Untuk proses pencairannya dilakukan dalam tiga tahap. Termin 1 dan 2 yaitu mulai bulan Januari 2023 sampai September 2023.Selanjutnya termin 3 di bulan Oktober hingga Desember 2023.

2. Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) 

Program BPNT ini diperuntukkankepada KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah..Anggota keluarga di luar penerima program PKH juga berhak menerima bantuan program BPNT ini. Bantuan ini disalurkan satu kali melalui PT POS Indonesia.

3. Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) 

Bantuan PKH ini akan disalurkan dengan syarat beberapa komponen yang harus terpenuhi,  yaitu komponen ibu hamil, komponen anak usia dini, komponen pendidikan dari jenjang SD hingga SMA, komponen kesejahteraan sosial yang terdiri dari lansia dan penyandang disabilitas. Dalam setiap komponen tersebut telah ditetapkan maksimal empat jiwa yang bisa mendapatkan bantuan.

4.  Program BLT Kemiskinan Ekstrem

Program ini disalurkan sebagai ganti dari BLT Dana Desa yang akan berakhir pada bulan Desember 2022 ini dan tidak akan dilanjutkan di tahun 2023. Program ini dilakukan guna mengentaskan kemiskinan di berbagai wilayah Indonesia. Mengenai besaran jumlahnya, telah ditetapkan oleh Presiden Jokowi.dengan nominal Rp 300 ribu per bulan. Prakteknya, banruan ini akan disalurkan melalui pemerintah desa..

5. Program Bantuan Prakerja

Program ini ditujukan bagi masyarakat yang belum pernah mendapat bantuan dari pemerintah.Program ini akan memberikan insentif dana tunai sebesar Rp 600 ribu dan biaya pelatihan sebesar Rp 4,2 juta per individu. 

Jadi, bagi anda yang masuk dalam kategori tersebut. Segara siapkan semua dokumen secara lengkap mulai saat ini. (yyan)


 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad