Cari Batik Khas Surabaya ?, Ini Ragamnya, Jangan Sampai Salah - Kabar Surabaya

Terbaru

Tuesday, November 15, 2022

Cari Batik Khas Surabaya ?, Ini Ragamnya, Jangan Sampai Salah

Cari Batik Khas Surabaya ?, Ini Ragamnya, Jangan Sampai Salah


Kabar Surabaya - Bagi warga luar kota yang berkunjung ke Kota Surabaya, tentunya ingin mendapatkan oleh-oleh atau buah tangan buat keluarga atau kerabat di tempat asalnya. Selama ini, Kota Surabaya dikenal sebagai surganya kuliner, Sebut saja Rawon Setan, Rawon kalkulator, Pecel Semanggi dan banyak lain lainnya. Namun, semuanya adalah makanan yang disantap ditempat. Saat akan mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang, terkadang mereka kebingungan.



Alhasil, yang mereka bawa tidak jauh dari makanan dalam kemasan. Seperti halnya Sambal Bu Rudy yang memang sudah sangat terkenal dimana-mana. Hal inilah yang akhirnya membuat Pemerintah Kota Surabaya menggali potensi ragam oleh-oleh, selain makanan yang bisa menjadi buah tangan khas Kota Pahlawan.

 

Salah satu ragam oleh-oleh selain makanan yang saat ini dikembangkan oleh Pemkot Surabaya adalah Kain Batik. Sebagaimana diketahui bersama, bahwa selama ini kain batik merupakan kain khas kota Jogja dan Solo. Namun, saat ini kain batik juga dikembangkan oleh kota lain dengan ciri khasnya masing-masing. Seperti halnya Kain Batik Madura yang memiliki warna-warna cerah.

 

Untuk Batik khas Kota Surabaya sendiri sebenarnya ada banyak. Mulai dari Batik Teyeng, Batik Mangrove dan lain sebagainya. Namun, belum tentu corak dari batik-batik tersebut belum mencerminkan ciri khas dari Kota Surabaya itu sendiri. Oleh karena itu, beberapa waktu lalu Pemkot Surabaya telah mengadakan Lomba Desain Batik Khas Surabaya 2022.


Setelah melalui penjurian dengan sangat ketat oleh tim juri yang profesional, akhirnya terpilih 6 motif kain batik yang menjadi ciri khas dari Kota Surabaya. Kain batik ini adalah motif batik Sparkling,  Kintir-Kintiran, Abhi Boyo, Gembili Wonokromo,  Kembang Bungur, dan Remo Surabayan. Ke-6  motif kain batik tersebut memang tidak ditemukan di daerah lain, sehingga menjadi motif asli khas Surabaya.


Tidak main-main, dalam hal ini Pemkot Surabaya juga telah mendaftarkan ke enam motif tersebut ke Kemenkumham guna mendapatkan hak paten. Selain itu Pemkot Surabaya juga memperkenalkan motif batik khas Surabaya dengan cara menggelar event Spontanz Festival in Collaboration With Batik Surabaya. Nantinya akan ada artis ibu kota yang mengenakan busana batik khas Surabaya, seperti Bunga Citra Lestari, Kunto Aji dan Kahitna.

 

Batik khas Kota Surabaya ini bisa didapatkan digerai resmi milik Pemkot Surabaya, yaitu Surabaya Kriya Gallery yang ada di alamat sebagai berikut :

1. Jalan Dr Ir H Soekarno No. II Middle East Ring Road (MERR),
2. Gedung Siola lantai 1, Jalan Tunjungan No 1 - 3,
3. Kebun Binatang Surabaya (KBS) Jalan Setail No 1,
4. RSUD BDH Jalan Kendung No 115 - 117 lantai 1
5. Sentra Ikan Bulak (SIB).
6. Hadir pula di Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) lantai II, Jalan Joyoboyo No. 1,
7. Park and Ride lantai 2 Jalan Mayjen Sungkono No 112,
8. UPTSA Timur Jalan Menur No 31C,
9. Park and Ride Jalan Arif Rahman Hakim No 100
10.Parkir Bus Kawasan Wisata Religi Ampel

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad