Vaksin Booster Ternyata Tidak Gratis, Begini Kisaran Harganya - Kabar Surabaya

Breaking

Tuesday, November 23, 2021

Vaksin Booster Ternyata Tidak Gratis, Begini Kisaran Harganya

Vaksin Booster Ternyata Tidak Gratis, Begini Kisaran Harganya


Kabar Surabaya - Sampai saat ini, kegiatan vaksinasi untuk menangani Covid-19 masih terus berlangsung. Hal ini akan terus diupayakan agar semua masyarakat di Indonesia ini tervaksin secara keseluruhan. Kegiatan tersebut akan terus dilakukan sampai tercipta Herd Imunity di masyarakat. Dengan demikian kasus penularan Virus Corona akan bisa dihentikan secara cepat.



Vaksin Covid-19 ini diberikan dengan dua kali suntikan, yaitu dosis pertama dan dosis kedua. Ada beragam vaksin yang saat ini telah diberikan kepada masyarakat. Mulai dari Sinovac, Sinopharm, Moderna, Astra Zenika, dan Pfizer. Vaksin tersebut memiliki nilai efikasi yang berbeda-beda untuk tingkat kekebalannya. namun secara umum, daya kekebalannya akan menurun setelah 6 bulan setelah mendapatkan dosis kedua.


Untuk meningkatkan kembali tingkat kekebalan tubuh, diperlukan suntikan vaksin dosis ketiga. Dosis ketiga ini disebut juga Vaksin Booster. Rencananya Vaksin Booster ini mulai disuntikkan pada tahun 2022 mendatang. Kondisi ini menunggu pencapaian penyuntikan dosis kedua yang ditarhetkan sebesar 59% terlebih dahulu. Dari perhitungan yang telah dilakukan, perkiraan pencapaian ini akan bisa terwujud pada akhir Bulan Desember 2021.


Nantinya, untuk vaksin Booster ini tidak akan gratis. Rencananya pemerintah hanya akan menggratiskan vaksin booster ini kepada masyarakat peserta BPJS kesehatan yang saai ini iurannya ditanggung oleh pemerintah (PBI). Lantas, berapakah biayanya jika Vaksin Booster Covid-19 tersebut tidak gratis...?.


Dalam hal ini, Kepala Bagian Operasional Pelayanan PT Bio Farma Erwin Setiawan menegaskan bahwa sampai saat ini pemerintah masih belum mengeluarkan pedoman maupun regulasi apapun mengenai Vaksin Booster ini 


Jika melihat harga dipasaran Internasional, berikut perkiraan harga Vaksin Booster jika nanti memang harus berbayar, dengan asumsi nilai kurs rupiah Rp 14.253 : 

1. Sinovac

Vaksin Sinovac menjadi salah satu jenis vaksin yang akan digunakan sebagai Vaksin booster pada tahun 2022. Harga vaksin Sinovac di Indonesia adalah US$ 13,6(Rp 193.000). 

2. Sinopharm
Sama dengan vaksin Sinovac, vaksin Sinopharm akan segera diujicobakan sebagai booster di tahun 2022. Pada program Vaksin Gotong Royong, pemerintah telah menetapkan bahwa harga vaksin Sinopharm adalah Rp 321.660 per dosis. 


3. Moderna

vaksin moderna telah digunakan terlebih dahulu sebagai vaksin booster untuk tenaga kesehatan di Indonesia. Harga vaksin Moderna ini berkisar US$ 15 (Rp 213.000).

4. Pfizer
Vaksin Pfizer sudah mendapatkan izin oleh FDA guna dimanfaatkan untuk vaksin booster (vaksin dosis ketiga). Harga vaksin Pfizer US$ 23,15 (Rp 329.000). 

5. AstraZeneca

Vaksin AstraZeneca adalah salah satu jenis vaksin yang telahmendapatkan izin penggunaan di Indonesia. Harga vaksin AstraZeneca berkisar US$ 2,19 (Rp31.000) sampai US$ 4 (Rp 56.000) 

6. Janssen
Vaksin Janssen adalah vaksin ke delapan yang sudah memperoleh izin dari BPOM untuk digunakan di Indonesia. Harganya sekitar US$ 8,5 (Rp 121.000) sampai US$ 10 (Rp.142.000). (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad