Tiga Vaksin Ini Disiapkan Untuk Anak Usia 5 Sampai 11 Tahun, Simak Jadwal Penyuntikannya.. - Kabar Surabaya

Terbaru

Sunday, October 31, 2021

Tiga Vaksin Ini Disiapkan Untuk Anak Usia 5 Sampai 11 Tahun, Simak Jadwal Penyuntikannya..

Tiga Vaksin Ini Disiapkan Untuk Anak Usia 5 Sampai 11 Tahun, Simak Jadwal Penyuntikannya..

 

Kabar Surabaya - Saat ini penanganan Pandemi Covid-19 telah masuk ke dalam penyuntikan vaksin. Selurh negara di dunia ini sudah melakukan penyuntikan vaksin kepada warganya. Sampai detik ini Indonesia sendiri masuk 10 besar negara yang paling banyak menyuntikkan vaksin Covid-19. Hal ini membuktikan bahwa pemerintah sangat serius untuk menyelesaikan pandemi Covid-19 dengan baik.

 


Penyuntikan vaksin Covid-19 ini telah menyasar ke semua usia, mulai dari usia 12 tahun hingga lansia. Data dari Kementrian Kesehatan menunjukkan bahwa telah ada 114.307.101 masyarakat yang telah mendapatkan dosis pertama. Sedangkan untuk vaksin dosis kedua, telah ada 69.130.122 orang yang telah mendapatkannya. Target yang dicanangkan oleh pemerintah untuk vaksinasi ini adalah 208.265.720 orang.

 

Namun, sepertinya pemerintah akan merevisi target jumlah warga yang akan disuntik vaksin. Karena pada tahun 2022 mendatang, pemerintah akan memperluas jangkauan warga yang akan diberikan suntukan Vaksin Covid-19. Rencananya pemerintah akan menyuntikkan vaksin bagi anak usia 5 hingga 11 tahun. Dengan perluasan sasaran vaksin ini, harapannya kondisi Herd Imuniti atau kekebalan kelompok bisa segera tercapai.

 

Perluasan sasaran jangkauan vaksin Covid-19 ini juga merupakan salah satu upaya untuk menghindari serangan Gelombang ketiga yang saat ini banyak terjadi di negara-negara di Benua Eropa. Saat ini Kementrian Kesehatan telah menyiapkan tiga jenis vaksin yang siap disuntikkan untuk anak-anak usia dibawah 12 tahun ini. Jenis Vaksin tersebut adalah Sinovak, Sinopharm dan Pfizer/

 

Saat ini pemerintah masih menunggu hasil uji klinis dari ketiga vaksin tersebut guna diberikan kepada anak-anak untuk usia dibawah 12 tahun. Saat ini Pfizer dan BioNTech telah mengajukan EUA vaksin Covid-19 bagi anak berusia 5-11 tahun kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) sejak awal Agustus 2021 lalu.

 

Sedangkan produsen vaksin Sinovac juga sudah melakukan uji klinis untuk fase satu dan dua kepada anak usia 3-17 tahun. Uji klinis ini juga telah memberikan respons imun yang cukup baik dan aman. Reaksi demam terjadi pada anak usia 3-5 tahun dan anak usia 6-11 tahun masing-masing 8,77 persen dan 3,70 persen.



Produsen Vaksin Sinopharm juga mengklaim bahwa vaksin buatan mereka telah aman untuk disuntikkan ke anak-anak dan remaja. Menurut hasil uji klinis yang terbaru, vaksin Sinopharm diklaim aman untuk disuntikkan pada anak berusia 3-17 tahun. (yyam)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad