Siap Piknik... Pemkot Buka Kembali 8 Taman Di Kawasan Ini Mulai Besok - Kabar Surabaya

Breaking

Thursday, October 21, 2021

Siap Piknik... Pemkot Buka Kembali 8 Taman Di Kawasan Ini Mulai Besok

Siap Piknik... Pemkot Buka Kembali 8 Taman Di Kawasan Ini Mulai Besok


Kabar Surabaya - Kondisi Kota Surabaya yang telah dinyatakan masuk ke dalam PPKM Level 1 membuat beberapa pembatasan yang kemarin diterapkan mulai dilonggarkan kembali. Hal ini tentunya mutlak untuk dilakukan, mengingat kegiatan ekonomi sempat mati suri akibat pembatasan yang ada. Harapannya, dengan pelonggaran ini maka kegiatan perekonomian masyarakat bisa berjalan kembali seperti sedia kala.



Salah satu pelonggaran yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini adalah pembukaan Taman Kota dan Hutan Kota. Pembukaan lokasi tersebut memang sangat diharapkan oleh masyarakat. Hal ini karena  lokasi tersebut adalah sarana yang murah meriah bahkan gratis bagi seluruh keluarga. Sejak Pandemi Covid-19 melanda semua pintu masuk dari Taman Kota tersebut memang ditutup atau diberi pita bergaris kuning-hitam.

 

Pada tahap awal ini, Pemkot Surabaya masih akan melakukan uji coba dengan membuka hanya 8 taman saja. Pembukaan perdana Taman Kota ini akan dilangsungkan pada hari Jum'at (22/10/2021) besok. Nantinya dalam uji coba ini akan bisa menjadi pijakan untuk segera membuka Taman Kota yang lainnya. Tentunya setelah melakukan evaluasi secara mendalam.


Ke 8 Taman Kota yang akan dibuka ini adalah Taman Cahaya (Surabaya Barat), Taman Sejarah (Surabaya Utara), Taman Flora, Taman Harmony, Kebun Bibit Wonorejo, (Surabaya Timur),Taman Pelangi (Surabaya Selatan),  Taman Prestasi, dan Taman Ekspresi (Surabaya Pusat). Pembukaan Taman Kota ini memang sengaja diatur agar sedemikian rupa agar masyarakat tidak berkumpul di satu taman saja.

 

Lantas, bagaimana dengan Taman Bungkul...?. Taman Kota yang berada di kawasan Darmo ini memang menjadi favorit bagi warga Kota Surabaya. Meskipun kondisinya masih tutup, namun pada setiap akhir pekan, masyarakat masih banyak berkumpul di tepian taman ini. Anna Fajriatin, selaku Kepala Dinas Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) menegaskan bahwa Taman Bungkul belum masuk diantara 8 taman yang akan dibuka besok. Karena masih membutuhkan assesment yang masih mendalam.

 

Ada beberapa aturan baru yang diterapkan oleh Pemkot Surabaya kepada masyarakat yang ingin masuk ke Taman Kota, yaitu :

1. Jumlah pengunjung maksimal 25% dari kapasitas taman. Hal ini untuk menghindari kerumunan massa dan penerapan Phisical Distancing. Pada setiap taman akan ditempatkan petugas dari Linmas dan satpol PP untuk mengawasi jumlah pengunjung.

2.  Taman akan dibuka dalam dua sesi, yaitu pada pukul 06.00-12.00 WIB dan 13.00-17.00 WIB Di sela-sela sesi tersebut akan dilakukan penyemprotan desinfektan. 


3 Pengunjung harus melakukan scan QR Code pada aplikasi pedulilindungi. Untuk anak-anak tetap bisa masuk dengan pengawasan penuh dari orang tua. 

 

Nantinya, setelah uji coba ini sukses, maka keseluruhan Taman Kota akan segera dibuka pada minggu depan. Termasuk halnya hutan kota dan museum-musem. Jadi, tunggu apa lagi, ayo kita Piknik....(yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad