Mohon Bersabar..., Musim Hujan Masih Akan Tiba Pada Bulan Ini... - Kabar Surabaya

Terbaru

Sunday, October 17, 2021

Mohon Bersabar..., Musim Hujan Masih Akan Tiba Pada Bulan Ini...

Mohon Bersabar..., Musim Hujan Masih Akan Tiba Pada Bulan Ini...


Kabar Surabaya - Sampai saat ini, seluruh wilayah di Indonesia masih belum mengalami musim hujan. Hal ini sangat diluar kebiasaan yang biasanya musim hujan datang pada bulan Oktober atau paling lambat bulan November. Kondisi ini tentunya membuat banyak masyarakat bertanya-tanya, kapan musih hujan akan tiba.

 


Musim panas yang berkepanjangan ini rupanya membuat suhu udara di berbagai kota menjadi tinggi. Di Kota Surabaya sendiri, suhu udara pada siang hari bahkan bisa mencapai 36 sampai 37 derajat celcius. Sedangkan pada malam hari suhu bisa mencapai 30 derajat celcius. Hal ini membuat suasana terasa sangat gerah.

 

Kondisi ini membuat banyak masyarakat bertanya-tanya kapan musim hujan di Indonesia segera tiba...?. Pertanyaan ini kemudian direspon oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dengan mengeluarkan prediksinya bahwa musim hujan akan tiba pada awal bulan Desember 2021 mendatang. Namun intensitasnya baru akan meninggi pada pertengahan Desember 2021.

 

Sejatinya pada bulan September lalu, beberapa daerah sudah mulai turun hujan. Namun hal tersebut hanyalah anomali cuaca saja, bukan pertanda memasuki musim penghujan. Dalam masa ini mendung sesekali akan muncul juga.

 

Ada lima faktor yang bisa menimbulkan terjadinya musim hujan di Indonesia, yaitu 

1.  Konsentrasi kelembapan di bagian utara-barat Indonesia akan berhubungan dengan pembentukan vorteks di Samudra Hindia. 

2.  Aktivitas gelombang pada MJO fase 2 dan 3 di Samudra Hindia. 

3.  Anomali monsun musim panasdi Asia meluas hingga utara wilayah Indonesia. 

4. Aktivitas gelombang meridional yang berkaitan monsun musim panas Asia, seperti BSISO1 fase 3 di Samudra Hindia yang berpotensi untuk meningkatkan aktivitas konvektif di Samudra Hindia dan pembentukan hujan di sebagian Sumatra. \

5.  Aktivitas gelombang Kelvin di laut dan atmosfer yang diperkuat oleh gelombang ER sejak bulan Agustus sampai Februari 2022. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad