Ribuan Sepeda Tua Bakal Menyerbu Kawasan Kenjeran - Kabar Surabaya

News

Wednesday, April 24, 2019

Ribuan Sepeda Tua Bakal Menyerbu Kawasan Kenjeran

Ribuan Sepeda Tua Bakal Menyerbu Kawasan Kenjeran

Kabar Surabaya - Eksotisnya kawasan Pantai Kenjeran Surabaya benar-benar membuat semua orang terpana dan akan terkenang bila pernah menyinggahinya. Banyak sekali pengembangan wisata yang telah di lakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya di kawasan pantai ini. Mulai dari Jembatan Suroboyo, Sentra Ikan Bulak (SIB), Taman Suroboyo dan lain sebagainya. Beragam acara juga sering di selenggarakan di Kawasan Pantai Kenjeran, agar kawasan wisata ini semakin terkenal dan semakin mendunia. Salah satu acara yang akan di selenggarakan pada akhir minggu ini adalah Jambore Sepeda Tua Indonesia (KOSTI). 



Acara Jambore Sepeda Tua Indonesia ini sudah menjadi event tahunan yang di selenggarakan oleh KOSTI dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemkot Kota Surabaya. Kegiatan ini sendiri masih menjadi satu rangkaian dalam memperingati Hari Jadi Kota Surabaya yang ke 726. SEmentara dari KOSTI sendiri, acara tahunan ini merupakan acara Jambore yang telah di laksanakan ke tujuh kalinya.

Jambore Sepeda Tua Indonesia ini akan di pusatkan di Sentra Ikan Bulak (SIB) yang berada tepat di depan Taman Suroboyo. Kegiatan ini sendiri nantinya akan menghadirkan sekitar 3-ribu lebih peserta. Jumlah peserta ini di perkirakan akan bertambah, karena jika mengingat pelaksanaan tahun lalu yang datang meluber hingga 6-ribuan peserta. 


Peserta dari Jambore Sepeda Tua Indonesia ini bukan hanya dari Kota surabaya dan sekitarnya saja, melainkan berasal dari kota-kota lain di seluruh Indonesia. Slamet Mulyono selaku Ketua dari Komunitas Sepeda Tua Indonesia menjelaskan bahwa sudah ada peserta dari Palangkaraya, Sulawesi dan Lombok yang sudah mengkomfirmasikan kehadirannya. Bahkan Slamet juga menginformasikan bahwa seperti tahun-tahun sebelumnya ada peserta dari luar negeri yang juga hadir. "Sampai saat ini mereka belum meng-konfirmasi, namun pasti mendekati hari-H nanti akan ada peserta dari luar negeri juga" terang Slamet.

Acara Jambore Sepeda Tua Indonesia ini nanti akan berlangsung selama 2 hari, yaitu pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 27 dan 28 April 2019. Ada beragam acara telah di siapkan untuk menyemarakkan acara ini,seperti lomba sepeda lambat, lomba sepeda mundur dan lomba joged. Untuk lomba-lomba ini nantinya telah tersedia hadiah doorprice dan uang pembinaan. Acara puncaknya nanti akan ada pawai untuk mengelilingi lokasi-lokasi wisata yang ada di kawasan Pantai Kenjeran. Total rute yang akan di jalani adalah sepanjang 21.4 kilometer. Uniknya para peserta jambore nanti akan mengenakan pakaian gaya perjuangan yang modelnya bermacam-macam.


Untuk pengamanan para peserta Jambore Sepeda Tua Indonesia ini, nantinya Dispora Kota surabaya akan melakukan kerjasama dengan Satpol PP, BPB Linmas, Dishub serta PDAM dan petugas kesehatan untuk memantau kesehatan para peserta. Untuk tenaga keamanan nanti akan di bantu pula oleh Polrestabes Kota Surabaya dan Polrestabes Tanjung Perak Surabaya.

Slamet Mulyono juga mengungkapkan bahwa acara ini sangt terbuka untuk umum. Bagi para peserta atau masyarakat umum yang ingin ikut serta dalam Jambore Sepeda Tua Indonesia ini bisa menghubungi panitia di lokasi acara. Panitia telah menyediakan sepeda tua yang bisa di sewa selama acara dengan tarif Rp 50.000 dengan jaminan KTP. (Slamet Rianto)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad