Festival Kuliner Ampel Hadirkan Nuansa Khas Timur Tengah Di Kota Surabaya - Kabar Surabaya

News

Wednesday, April 17, 2019

Festival Kuliner Ampel Hadirkan Nuansa Khas Timur Tengah Di Kota Surabaya

Festival Kuliner Ampel Hadirkan Nuansa Khas Timur Tengah Di Kota Surabaya

Kabar Surabaya - Kota Surabaya adalah kota yang kaya akan keanekaragaman budaya. Penduduknya yang multi-etnis, senantiasa menghadirkan corak tersendiri dalam kehidupan rmasyarakatnya. Meskipun demikian, kota yang di juluki dengan Kota Pahlawan ini senantiasa berada dalam kondisi yang aman dan damai. Hal ini di karenakan masyarakatnya yang memiliki sifat toleransi yang sangat tinggi dan bisa saling hidup berdampingan satu dengan lainnya. 



Keanekaragaman budaya ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat luas untuk lebih mengenal lagi kebudayaan satu dengan lainnya. Bahkan Pemerintah Kota Sutrabaya juga senantiasa melaksanakan event-event untuk memperkenalkan budaya dari warga masyarakatnya yang multi etnis ini. Seperti salah satunya seperti  event yang akan di gelar pada akhir bulan ini, yaitu Festival Kuliner Ampel.

Seperti nama event-nya, Festival Kuliner Ampel ini di gelar untuk memperkenalkan budaya masyarakat Arab kepada masyarakat luas. Para pengunjung yang hadir dalam Festival Kuliner Ampel ini benar-benar akan di bawa ke nuansa Timur Tengah. Mulai dari bangunan-bangunan lawas, lampu lampion warna-warni yang tergantung di atas jalanan serta alunan musik gambus yang terdengar dari lapak pedangang. Hal ini akan memberikan atmosfer yang berbeda kepada para pengunjung.



Beragam sajian khas Arab akan tersedia di Festival Kuliner Ampel ini, seperti Kebab, Kopi khas Arab, Roti Maryam, Nasi Goreng Kambing / Nasi Kebuli dan beragam sajian makanan serta minuman khas lainnya yang akan menggoda selera kuliner pengunjung.

Selain makanan dan minuman, Festival Kuliner Ampel ini juga akan menampilkan kebudayaan yang erat sekali dengan nuansa Arab, yaitu sajian Musik Gambus secara live. Bagi pengunjung yang suka dengan hiasan tangan (Henna), di festival ini juga menyediakan. Para pelukis Henna ini nantinya adalah warga sekitar yang ahli dalam pembuatan corak henna. Untuk harganya di jamin pasti murah meriah. Bagi kaum Adam yang rindu akan uniknya rokok khas Arab (Shisa), bisa juga mendapatkannya pada event ini. 



Biasanya Festival Kuliner Ampel ini akan semakin ramai pada malam hari. karena lampu-lampu hias akan menyala dengan kilauan warna-warni, dan akan menambah kesan Timur Tengahnya. Tentunya akan banyak spot-spot foto Instagramable yang bisa pengunjung dapatkan di lokasi ini. Jika kebetulan anda datang ke kawasan Ampel pada sore hari, anda bisa menyempatkan diri untuk mengunjungi Masjid Ampel maupun berziarah ke makam Sunan Ampel.

Karena berada di kawasan Kampung Arab, pengunjung juga akan mudah untuk menemukan penak-pernik khas Arab, seperti tasbih, kerudung, baju muslim maupun kurma dan air zam-zam. Pernak-pernik ini bisa di gunakan sebagai buah tangan ataiu di gunakan sendiri, mengingat pada bulan depan kita sudah memasuki bulan Ramadhan. 


Festival Kuliner Ampel ini akan di gelar pada hari Minggu, pada tanggal 28 April 2019. Sejatinya Festival ini akan di laksanakan pada tanggal 21 April 2019. Namun karena terlalu mepet dengan pelaksanaan pemilu, maka festival ini di undur pada hari Minggu berikutnya. 

Lokasi dari Festival Kuliner Ampel ini adalah di kawasan Kampung Arab, tepatnya di Jalan Nyamplungan Kota Surabaya. Sedangkan waktu pelaksanaaannya akan di mulai pada pukul 14.00wib hingga pukul 21.00wib. Festival Kuliner Ampel ini hanya akan di gelar satu kali saja dalam setahun, jadi jangan di lewatkan. pastikan anda hadir untuk merasakan sajian khas Timur Tengah yang kaya akan rempah dan yang pasti akan menggoyang lidah anda. 


Untuk menjaga keamanan kendaraan anda, pastikan anda parkir di lokasi resmi yang telah di sediakan oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Dan pastikan anda senantiasa menjaga barang bawaan anda dengan aman, mengingat banyaknya pengunjung yang akan hadir pada Festival Kuliner Ampel ini. (Yanuar Yudha)

     

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad