Berwisata Sekaligus Belajar Di Mini Agrowisata Surabaya - Kabar Surabaya

News

Friday, March 8, 2019

Berwisata Sekaligus Belajar Di Mini Agrowisata Surabaya

Berwisata Sekaligus Belajar Di Mini Agrowisata Surabaya

Kabar Surabaya - Pembangunan infrastruksur di Kota Surabaya ini terbilang cukup masif. Namun pembangunan ini tidak lantas melupakan pentingnya dari fungsi ruang terbuka hijau. Di bawah kepemimpinan Walikota Tri Rismaharini, Kota Surabaya bertekad untuk mempertahankan luasan Ruang Terbuka Hijau di atas 35%. Selain masih mempertahankan lahan pertanian di kawasan pinggiran Kota Surabaya, Pemkot juga membuat kawasan ruang terbuka hijau yang berfungsi sebagai tempat wisata dan juga sarana belajar bagi warga Kota Surabaya. Tempat tersebut adalah Mini Agrowisata Kota Surabaya.



Mini Agrowisata Kota Surabaya ini  adalah suatu tempat dimana kita bisa berwisata sekaligus belajar tentang pertanian, peternakan, maupun perikanan. Lokasi yang terletak persis di belakan kantor Dinas Ketahan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya ini mempunyai luasan 8000 meter persegi. Lokasi ini benar-benar nyaman untuk berwisata dengan keluarga, apalagi dengan mengajak anak-anak. Karena anak-anak akan di ajakrkan mengenal alam dan binatang sejak dini.

Ketika memasuki lokasi dari Mini Agrowisata ini, para pengunjung akan langsung di sambut oleh papan yang bertuliskan Mini Agrowisata dengan logo Pemkot Surabaya di atasnya. Sedangkan pada sisi kiri dan kanan terdapat saluran air yang berisi ikan mas berwarna - warni.



Untuk masuk ke lokasi Mini Agrowosata, kita akan melewati 2 buah lorong yang beratapkan tanaman gantung yang cukup lebat. Hal ini menambah ke-asrian dari Mini Agrowisata ini. Di samping kanan dari pintu masuk ini para pengunjung akan menjumpai 3 buah green house. Green house pertama ini khusus untuk budidaya tanaman angrek. Nah, kalau kita banyak melihat tanaman anggrek yang di gantung  di tengah kota, beberapa diantaranya banyak di pasok dari green house ini.

Pada green house yang kedua ini, para pengunjung bisa belajar tentang tata cara pembuatan tanaman dengan sistim hidroponik. Pada saat admin Kabar Surabaya ke Mini Agrowisata ini, tanaman yang di tanam dengan sistim hidroponik ini adalah tanaman pokcay. Terlihat di lokasi, tanaman pokcay ini tumbuh dengan subur dan terlihat ranum dengan warnanya yang hijau dan menyegarkan.

Pada Green House terakhir, para pengunjung akan di ajarkan untuk mengenal tanaman obat/Toga. Ada 33 macam tanaman toga yang di budidayakan di sini. Di setiap Green House ini terdapat penjaga atau pengelolanya masing-masing. Hal ini di maksudkan agar para pengunjng bisa bertanya-tanya secara langsung mengenai tata-cara penanaman kepada penjaganya secara langsung.


Tanaman buah dan sayuran di Mini Agrowisata ini ada beragam jenisnya. Semuanya di sesuaikan dengan musimnya. Lokasinya sebelah kiri jalan masuk. Para pengelola Mini Agrowisata ini tidak akan pelit untuk membagi hasil panen kepada para pengunjung ,apabila buah dan sayurannya telah matang. Namun sayangnya ketika Admin Kabar Surabaya kesana masih belum waktu panen. Jadi tidak ada buah yang bisa langsung di petik.

Selain tanaman buah dan sayur Mini Agrowisata Surabaya ini juga mempunyai koleksi hewan yang sangat menarik. Salah satu yang menarik perhatian adalah Burung Kasuari yang berukuran besar. Uniknya meskipun berukuran besar, namun makanan favoritnya adalah buah belimbing. 

Ada aneka ragam aneka ternak yang bisa pengunjung dapatkan di sini. Para pengurus ternak ini juga tidak pelit untuk berbagi ilmu kepada pengunjung yang membutuhkannya. Ada beberapa hewan ternak yang di pelihara di sini, yaitu kambing, ayam  dan kelinci. Untuk kelinci ini selalu menjadi hewan favorit bagi anak-anak yang berkunjung ke tempat ini, karena adaberagam jenisnya. Mulai dari jenis biasa hingga jenis anggora yang berbulu lebat ada di tempat ini.


Di bagian tengah dari Mini Agrowisata Surabaya ini terdapat gazebo untuk beristirahat dan playground bagi anak-anak. Mainan playground ini cukup lengkap dengan ayunan dan ttitian yang terbuat dari bambu. 

Bagi pengunjung yang ingin belajar tentang budidaya ikan air tawar seperti lele dan nila, tempat ini cocok untuk belajar. Karena di sini anda akan di ajarkan untuk beternak ikan milai dari nol. Para pengunjung juga bisa mendapatkan bantuan berupa bibit ternak dan sarana pemeliharaannya. Untuk bantuan ini bisa di tujukan ke Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kota Surabaya dengan menyerahkan proposal atas nama kelompok tani di wilayahnya. 


Mini Agrowisata Kota Surabaya ini beralamatkan di Jalan Pagesangan II No.56 Kota Surabaya. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.30wib hingga pukul 15.00wib. Jadi tunggu apa lagi, ayo berwisata di Mini Agrowisata Kota Surabaya. (Yanuar Yudha) 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad