Jadwal Lengkap Debat Pilpres 2019 - Kabar Surabaya

Breaking

Monday, January 7, 2019

Jadwal Lengkap Debat Pilpres 2019

Jadwal Lengkap Debat Pilpres 2019

Kabar Surabaya - Pemilihan serentak pada tahun 2019 ini sudah tinggal menghitung hari saja. Oleh karena itu sangat wajar jika di tepi jalan saat ini sudah banyak di hiasi oleh poster-poster para calon peserta pemilihan umum 2019 mendatang. Para peserta pemilu serentak 2019 ini adalah Presiden dan wakil presiden, DPR, dan DPD. Dari semua kegiatan pemilu serentak ini, yang paling banyak menyita perhatian adalah pelaksanaan DEBAT PILPRES 2019.

Debat Pilpres 2019 ini adalah tayangan yang paling banyak di nantikan oleh semua rakyat Indonesia. Hal ini di karenakan suhu pertarungan di antara dua kandidat pemimpin bangsa ini sudah benar-benar panas sejak tahun 2018 lalu. Keadaan ini tampak pada setiap tayangan talkshow yang di selenggarakan oleh berbagai stasiun TV nasional. Antara kubu yang satu dan kubu yang lain, selalu terlihat adu pendapat secara sengit dalam berbagai kesempatan.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, bahwasannya saat ini bangsa Indonesia telah memiliki dua calon Presiden. Calon Presiden ini adalah, Joko Widodo dan Kyai Haji Makruf Amin  sebagai calon Presiden dan Wakil Presiden nomer urut 01. Dan  Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno sebagai calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02. 

Pilpres 2019 ini adalah pilpres yang penuh dengan ketegangan. Karena jika di lihat pada periode senbelumnya, kedua calon Presiden ini adalah kedua pasangan calon yang pernah bertarung pada pemilu 2014 silam. Dan pada saat itu Ir.Joko Widodo berhasil memenangkan Pilpres dan saat ini menjadi petahana. 

Sebenarnya,  saat ini, hampir seluruh rakyat Indonesia sudah memiliki pilihan calon Presidennya masing-masing. Hanya saja, rakyat juga perlu paham, tentang program yang akan di tawarkan oleh calon Presiden dan Wakil Presiden pada pemilu Pilpres kali ini. Nah, pemaparan program-program para calon pemimpin bangsa ini, nantinya akan tersaji dalam acara Debat Pilpres 2019.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pihak penyelenggara dalam event Pemilu Serentak 2019 ini telah menjadwalkan acara debat yang akan di siarkan secara langsung oleh berbagai Stasiun TV. KPU telah menjadwalkan acara debat ini sebanyak 5 kali dengan berbagai macam tema yang telah di tentukan sebelumnya. Berikut adalah Jadwal Debat Pilpres 2019 yang bisa di saksikan secara live oleh rakyat Indonesia. 

1. Debat ke 1 akan di laksanakan pada tanggal 17 Januari 2019 (Kamis). Tema pada debat pertama ini adalah tentang Hukum, Hak Azasi Manusia, Terorisme dan Penanganan Korupsi. Nantinya debat pertama ini akan di siarkan secara langsung oleh TVRI, RRI, Kompas TV dan RTV.

2. Debat ke 2 akan di laksanakan pada tanggal 17 Februari 2019 (Minggu). Tema pada debat kedua ini adalah tentang Energi dan Pangan, SDA dan Lingkungan Hidup, Infrastruktur. Nantinya debat pertama ini akan di siarkan secara langsung oleh MNC Group.

3. Debat ke 3 akan di laksanakan pada tanggal 17 Maret 2019 (Minggu). Tema pada debat ketiga ini adalah tentang Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial dan Kebudayaan. Nantinya debat ketiga ini akan di siarkan secara langsung oleh Trans TV, Trans 7, CNN Indonesia.

4. Debat ke 4 akan di laksanakan pada tanggal 30 Maret 2019 (Sabtu). Tema pada debat ke-empat ini adalah tentang Ideologi, Pemerintahan, Hankam, Hubungan Internasional. Nantinya debat ke-empat ini akan di siarkan secara langsung oleh Metro TV, SCTV, Indosiar.

5. Debat ke 5 ini masih akan di jadwalkan kemudian (tentatif). Tema pada debat kelima ini adalah tentang Ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, perdagangan dan industri. Nantinya debat ke-empat ini akan di siarkan secara langsung oleh TV One, ANTV, Berita Satu dan Net TV.

Nantinya KPU berharap adu Debat Pilpres 2019 ini akan menjadi adu gagasan dan adu program yang akan di tawarkan kepada rakyat Indonesia. KPU juga mewanti-wanti para pendukung kedua pasangan calon agar tetap menjaga suasana tetap kondusif dan sejuk, karena memang Pemilihan Umum Serentak ini masih akan berlangsung pada 17 April 2019 mendatang. (Yanuar Yudha)

   

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad