5 Fakta Kebakaran Hebat Gudang Tiner Kalianak Surabaya - Kabar Surabaya

Terbaru

Tuesday, December 19, 2023

5 Fakta Kebakaran Hebat Gudang Tiner Kalianak Surabaya


5 Fakta Kebakaran Hebat Gudang Tiner Kalianak Surabaya


Kabar Surabaya - Pada hari Senin (18/02/2023) malam, Kota Surabaya dilanda bencana Kebakaran yang cukup besar. Kebakaran yang terjadi pada sekitar pukul 20.00wib ini menyita banyak perhatian masyarakat karena besarnya kobaran api yang terjadi. Saking besarnya, kobaran api ini bahkan bisa terlihat dari kawasan yang jaraknya puluhan kilometer dari lokasi kejadian.


Berikut 5 Fakta yang terjadi dalam peristiwa kebakaran malam tadi :

1. Lokasi Kejadian

Lokasi Kejadian kebakaran hebat ini adalah Gudang Tiner yang berada di Jalan Kalianak 55 Madya I Kota Surabaya. 

2. Status Kebakaran Super Red

Saking besarnya api yang berkobar, Petugas BPBD Kota Surabaya mengklasifikasikan kebakaran ini sebagai Super Red. Super Red merupakan kobar api yang cukup besar dengan luasan kawasan yang cukup lebar. Hal ini masih ditambah dengan banyaknya ledakan dan asap hitam yang menutup langit

3. Puluhan Unit Pemadam diturunkan

Untuk mengatasi kebakaran di Kalianak ini, BPBD Kota Surabaya menurunkan sebanyak 29 unit mobil Pemadam Kebakaran. Termasuk juga unit Bronto Skylift yang merupakan mobil damkar terbesar di Indonesia. Meski demikian petugas masih memerlukan banyak waktu untuk menaklukkan api.

4. Penggunaan Cairan Khusus

Karena penyebab kebakaran ini adalah Tiner yang merupakan bahan kimia mudah terbakar, maka petugas dilapangan menggunakan cairan khusus yang bernama Teepol. Cairan Teepol ini merupakan bahan kimia yang biasanya digunakan dalam detergen. Fungsinya untuk melokalisir api agar tidak menjalar kelokasi yang lebih luas 

5. Timbul Korban

Pada bencana kebakaran kali ini, sedikitnya terdapat 6 korban yang posisinya telah di evakuasi ke RSUD dr Soetomo Surabaya. Inisial korban tersebut adalah HA, YT, HP, SK, MI dan B.  HA dan YT merupakan pasangan suami istri pemilik dari usaha Gudang Tiner tersebut. 

Saat ini korban HA, YT, dan HP dirawat di ruang ressusitasi karena diduga mengalami luka bakar berat. Sedangkan B, SK, dan MI dirawat di ruang IGD. (yyan)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad