Tiga Hal Ini Buat Surabaya Raih Adipura Kencana Untuk Ke-7 Kalinya - Kabar Surabaya

Terbaru

Wednesday, March 1, 2023

Tiga Hal Ini Buat Surabaya Raih Adipura Kencana Untuk Ke-7 Kalinya

Tiga Hal Ini Buat Surabaya Raih Adipura Kencana Untuk Ke-7 Kalinya


Kabar Surabaya - Tahun 2019 lalu, Kota Surabaya berhasil menggondol Piala Adipura Kencana. Setelah itu, program yang digagas oleh Kementrian Lingkungan Hidup ini terpaksa harus vakum selama dua tahun karena Pandemi Covid-19 yang mewabah di seluruh dunia. Program ini kemudian kembali berlanjut pada tahun 2022 dan membuat Kota Surabaya kembali meraih Adipura Kencana 2022 untuk kategori Kota Metropolitan.

 


Berhasilnya Kota Surabaya meraih Piala Adipura Kencana 2022 ini, berarti sudah 7 kali berturut-turut Kota Pahlawan berhasil mendapatkannya. Selain Kota Surabaya, Piala Adipura Kencana ini juga berhasil didapatkan oleh Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kota Bitung, dan Kabupaten Jepara.  Anugerah Adipura Kencana ini merupakan penghargaan tertinggi bagi kabupaten/kota yang telah menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang inovatif dan berkelanjutan,  


Ada 3 point mengapa Kota Surabaya berhasil memperoleh Anugrah Adipura Kencana untuk yang ke 7 kalinya. Point tersebut adalah :

1. Kota Surabaya dianggap berhasil dalam melakukan pengelolaan sampah dengan basis sistem teruji dan data yang akurat terverifikasi melalui SIPSN, Jakstrada, Operasional TPA.
2. Penambahan luasan Ruang Terbuka Hijau yang baik sehingga dapat mewujudkan kualitas lingkungan hidup yang bersih, teduh, dan berkelanjutan
3. Kota Surabaya juga memiliki banyak Kampung Iklim di Kabupaten/Kota sebagai insentif penilaian Adipura.


Penilaian Anugrah Adipura pada tahun 2022 ini dilakukan oleh KLH dengan cukup ketat. Mereka melakukan  pemantauan Adipura dengan memanfaatkan teknologi, antara lain pemantauan melalui aerial survey (drone) dan citra satelit.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengungkapkan, bahwa penghargaan Adipura Kencana 2022 Kategori Kota Metropolitan ini bukan untuk Pemerintah Kota (Pemkot). Namun untuk warga Surabaya yang telah bergotong royong, menjaga, dan guyub rukun dalam  membersihkan lingkungannya masuing-masing.


Pada hari Rabu 01/03/2023) pagi ini, rencananya Walikota Eri akan mengarak Piala Adipura Kencana ini dengan menggunakan 20 Jeep Willys. Rombongan akan berangkat dari Graha Pena Surabaya pada pukul 10.00wibUntuk memperlancar kondisi lalu-lintas, pihak Dinas Perhubungan akan melakukan rekayasa lalulintas sebagai berikut. Rute arak-arakan dimulai dari Jalan Ahmad Yani, Wonokromo, Darmo, Urip Sumoharjo, Basuki Rahmat, Gubernur Suryo, Yos Sudarso, Wali Kota Mustajab, Sedap Malam. Lalu masuk pintu selatan Taman Surya.

 


Persimpangan yang akan dilewati, seperti Jalan Raya Darmo, Bengawan, Polisi stimewa dan Kartini diperlakukan sistem buka tutup. Apabila rombongan sudah melintas, baru bisa ngikutin di belakangnya. Akan ada dua jalan yang ditutup selama 10 menit sebelum dilewati Jeep Willys. Yakni Jalan Ngemplak dan Jalan Agung Suprapto. (yyan)


 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad