Berikut Lokasi Penukaran Uang Baru Tanpa Biaya , Aman Dan Terpercaya - Kabar Surabaya

Terbaru

Monday, March 27, 2023

Berikut Lokasi Penukaran Uang Baru Tanpa Biaya , Aman Dan Terpercaya

Berikut Lokasi Penukaran Uang Baru Tanpa Biaya, Aman Dan Terpercaya


Kabar Surabaya - Saat ini semua umat Muslim sudah mulai menjalankan Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan. Diakhir Bulan Ramadhan ini semua akan merayakan dengan gegap gempita di Hari Lebaran. Ada bebrapa tradisi yang dlakukan pada saat Lebaram, yaitu Mudik ke Kampung Halaman dan Bersilaturahmi dengan sanak kerabat. 



Moment tersebut sangat dinantikan oleh semua orang, termasuk bagi anak-anak. Karena mereka akan mendapatkan uang Lebaran (Uang Angpao) yang diberikan oleh orang dewasa. Biasanya Uang Lebaran ini diberikan dalam bentuk uang baru dalam pecahan kecil. Oleh karena itu, sesaat setelah terima THR (Tunjangan Hari Raya) banyak masyarakat yang berburu uang pecahan kecil yang baru.


Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang baru tersebut, Bank Indonesia Jawa Timur telah memberikan beragam kemudahan untuk melakukan penukarang uang. Dalam hal ini pihak Bank Indonesia juga menyaranan agar masyarakat tidak melakukan penukaran uang di tempat yang tidak resmi. Seperti haalnya yang banyak terdapat di tepi jalan. Salah satu resiko yang kerap terjadi adalah adanya uang palsu yang memang sengaja diselipkan didalamnya.


Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka Bank Indonesia telah membuka lokasi penukarang uang baru pecahan dicil di banyak lokasi. Lokasi tersebut seperti 

1. Kantor Bank umum yang terdapat banner:spanduk menerima penukaran uang (tiap hari Selasa - Kamis, mulai pukul 08.30wib-11.30wib)

2. Kantor BPR yang terdapat banner:spanduk menerima penukaran uang (tiap hari Senin dan Jum'at, mulai pukul 08.30wib-11.30wib)

3. 5 area makam Wali Songo Jawa Timur, yaitu makam Sunan Ampel Surabaya, Sunan Giri Gresik, Sunan Drajat Lamongan, Sunan Gresik, dan Sunan Bonang Tuban.

4. Rest Area dan Pos Mudik Gratis milik Dishub Jatim

5. Penukaan dengan cara Drive Thru di Kantor Bank Indonesia pada hari Sabtu dan Minggu.


Kegiatan penukaran uang di Kantor Bank Indonesia ini sudah mulai dibuka dan melayani masyarakat sampai tanggal 16 April 2023 mendatang. Tiap weekend ada 2 sesi layanan yang tiap sesinya siap melayani 1.000 orangpenukar. Jadi total dalam satu hari akan bisa melayani 2000 masyarakat. 


Untuk Sesi Pertama akan dibuka pada pukul 09.30-11.30 WIB, sedangkan untuk sesi II pada pukul 13.00-15.00 WIB. Kuota penukaran per orang dibatasi maksimal sebessar Rp 3,8 juta dengan masing-masing pecahan Rp 20-ribu 100 lembar, Rp 10-ribu 100 lembar, Rp 5-ribu 100 lembar, Rp 2-ribu 100 lembar, dan Rp 1-ribu 100 lembar. (ita)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad