Siapkan KTP, Ada 4 Juta Set Top Box Gratis Siap Bagikan - Kabar Surabaya

Terbaru

Tuesday, November 8, 2022

Siapkan KTP, Ada 4 Juta Set Top Box Gratis Siap Bagikan

Siapkan KTP, Ada 4 Juta Set Top Box Gratis Siap Bagikan


Kabar Surabaya - Saat ini pemerintah telah melaksanakan Program Siaran Televisi Digital. Dengan adanya program ini, maka seluruh siaran televisi yang berbasis analog akan segera dimatikan. Pemerintah telah mulai mematikan siaran analog dibeberapa daerah. Pematian siaran analog ini disebut  Analog Swich Off (ASO). Dengan demikian, masyarakat yang berada di kawasan tersebut sudah tidak bisa menonton siaran televisi yang berbasis analog, karena sudah diganti dengan siaran digital.



Pemerintah menjamin bahwa dengan siaran digital ini, gambar dan suara yang dihasilkan oleh televisi akan menjadi lebih bagus. Tidak ada lagi bintik-bintik atau gambar buram, semuanya akan terformat menjadi gambar High Definition (HD). Siaran dalam format digital ini nantinya bisa dinikmati oleh masyarakat tanpa perlu mengganti televisi maupun membeli paket internet. Bahkan TV model tabung, juga akan bisa menikmati siaran digital ini.

 

Nantinya, bagi pemilik televisi model lama (Non Smart TV) masih harus menambahkan alat yang bernama Set Top Box (STB) agar bisa menerima siaran dalam bentuk digital tersebut. Dipasaran, harga STB berkisar antara 100-ribuan hingga 500-ribuan. Namun jangan khawatir, karena pemerintah memiliki 5.535.544 unit.STB yang akan dibagikan secara gratis. 

 

Lantas, bagaimana cara mendapatkan STB gratis ini,,.?. Ternyata caranya cukup mudah, hanya perlu emnyiapkan KTP dan KK saja bisa langsung dapat STB. Langkah - langkahnya sebagai berikut :

1. STB bisa didapatkan secara gratis dengan cara mengakses webiste kominfo di cekbantuanstb.kominfo.go.id.
2. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai dengan KTP atau KK calon penerima.
3. Masukkan kode captcha yang ada pada kolom bawah NIK, dan klik pencarian.
4. Bagi calon penerima yang telah terdaftar , namanya akan muncul sebagai penerima dan bisa langsung menghubungi Call Center 159.
6. STB gratis bisa didapatkan dengan datang ke Posko Respon Cepat Pananganan Bantuan STB.
7. Calon penerima harus membawa KTP dan KK asli untuk verifikasi data.
8. Apabila terjadi kendala, maka calon penerima STB gratis bisa menghubungi Call Center 159 dan menghubungi chatbot WhatsApp Kominfo di 08118202208. (yyan)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad