Waspada Dehidrasi !!!, Kota Surabaya Akan Alami Hari Terpanas Sampai Tanggal Ini... - Kabar Surabaya

Breaking

Monday, October 11, 2021

Waspada Dehidrasi !!!, Kota Surabaya Akan Alami Hari Terpanas Sampai Tanggal Ini...

Waspada Dehidrasi !!!, Kota Surabaya Akan Alami Hari Terpanas Sampai Tanggal Ini...


Kabar Surabaya - Kota Surabaya adalah daerah yang terletak ditepi Pantai. Oleh karena itu masyarakatnya sudah sangat paham dengan hawa panas yang menyelimutinya. Hawa panas dan suhu udara yang sangat gerah sudah menjadi kondisi rutin yang dialami oleh warga Kota Pahlawan ini. 

 


Namun pada beberapa hari ini, warga Kota Surabaya harus lebih bersiap untuk menghadapi cuaca panas yang lebih menyengat lagi. Hal ini dikarenakan posisi dari matahari yang berada tepat diatas Pulau Jawa. Fenomena ini rupanya bisa terjadi karena posisi matahari yang letaknya tidak berada di garis katulistiwa. Tetapi sedikit miring 66,6 derajat, tepatnya berada di lintang 23,4 derajat LU hingga 23,4 derajat LS.
 

Dengan posisi matahari yang seperti itu, maka posisinya akan tegak lurus dengan permukaaan bumi. Kondisi ini mengakibatkan pancaran sinar matahari akan terasa sangat maksimal. Apabila hal ini terjadi pada siang hari dan tidak ada bentukan awan, maka sengatan sinar matahari akan terasa sangat panas. Jika ada awan,suhu akan sedikit menurun, namun kondisinya akan sangat gerah.

 

Fenomena tersebut akan menciptakan hari tanpa bayangan di Kota Surabaya. Jika ada benda berada di bawah sinar matahari, maka tidak akan tercipta bayangan pada benda tersebut. Bayangan seperti hilang karena letak matahari yang tepat di atas kepala.

 

Kota Surabaya sendiri akan mengalami hari terpanas atau titik kulminasi paling tinggi pada hari Selasa 12 Oktober 2021 besok. Sebenarnya kenaikan suhu udara ini sudah terasa sejak beberapa hari yang lalu. Setelah mengalami puncaknya, suhu udara akan mulai menurun hingga memasuki musim penghujan pada kisaran Bulan November mendatang. (yyan)    

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad