Terkuak...Ini Sebab Nama Bonek Persebaya Bisa terbang Ke Mars Setelah 59 Tahun Lalu Suporter Argentina Melakukannya - Kabar Surabaya

Breaking

Monday, August 3, 2020

Terkuak...Ini Sebab Nama Bonek Persebaya Bisa terbang Ke Mars Setelah 59 Tahun Lalu Suporter Argentina Melakukannya


Kabar Surabaya - Beberapa hari belakangan ini nama Bonek yang merupakan suporter Klub Sepakbola Persebaya Surabaya ini menjadi trending topik. Banyak media online, cetak dan media sosial yang mengupas berita tentang suporter yang sangat terkenal militan ini. Namun, kali ini yang diberitakan bukan masalah kreatifnya, sosialnya ataupun kekompakannya, namun karena nama Suporter ini akan dibawa hingga ke Planet Mars oleh NASA.


Lantas bagaimana bisa nama Bonek Persebaya ini bisa sampai diterima oleh NASA dan akan diterbangkan pada Bulan Februari 2021 mendatang...?. Ternyata hal ini berkat jasa dari seorang Bonek asal Surabaya yang tergabung dalam anggota Bonek Writer Forum yang bernama Yudhiakto Pramudya. Pria yang berprofesi sebagai dosen Fisika Universitas Ahmad Dahlan Yogjakarta ini awalnya hanya iseng ingin mendaftarkan kelompok suporter dari Klub Bola kebanggaannya dalam salah satu proyek NASA di Planet Mars.

Sebenarnya Yudhiakto juga tidak terlalu berharap banyak kalau nama Bonek Persebaya bisa masuk menjadi salah satu dari 10.9 juta nama yang telah dibawa ke Planet Mars pada tanggal 30 Juli 2020 (Kamis) kemarin. Keberhasilan Yudhiakto ini mengulang sejarah 51 tahun lalu saat nama suporter salah satu Klub Sepakbola Argentina juga di bawa meng-angkasa pada tahun 1969. Nama Klub sepakbola tersebut di titipkan oleh Neil Amstrong untuk di bawa ke Bulan.

Nama dari Bonek Persebaya ini nantinya akan diukir pada tubug robot penjelajah yang bernama Perseverance. Rencananya robot ini akan mulai mendarat di Planet Mars pada Bulan Februari 2021 mendatang. Hal ini tentunya merupakan kebanggaan bagi Bonek Persebaya karena merupakan satu-satunya suporter yang namanya terbang tinggi menangkasa. Seperti halnya yang ada dalam salah satu lagu wajib Bonek saat di Stadion, yaitu Emosi Jiwaku


Terbanglah tinggi kau di angkasa tunjukkan pada semua mata dunia

Surabaya pun juga punya kebanggaan Green Force Persebaya Emosi Jiwaku

Menurut Yudhiakto nama Bonek Persebaya ini akan diukir dengan menggunakan berkas elektron pada lempeng silicon pada robot penjelajah tersebut. Pihak NASA sendiri sebenarnya memberikan kesempatan bagi semua orang untuk menuliskan namanya/institusi/grup/komunitasnya dalam setiap proyek yang akan dilakukannya.

Hal tersebut dimaksudkan agar masyarakat dunia bisa turut berpartisipasi dalam setiap proyek yang ada. Dalam hal ini NASA juga membuka media interaksi dengan semua masyarakat bumi. Harapannya akan membuat keterikanan antara masyarakat dengan segala kegiatan yang akan dilakukan oleh NASA.


"Dengan adanya nama Bonek Persebaya tersebut, para suporter Persebaya nanti bisa lebih antusias untuk mengikuti perkembangan dari proyek NASA yang ada di Planet Mars tersebut. Minimal ini membuktikan kalau Bonek adalah suporter yang juga memiliki kepedulian terhadap Sains dan teknologi,' jelas Yudhiakto. (yyan)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad