Cara Mengantisipasi Cuaca Panas, Jangan Lakukan Hal Ini !!! - Kabar Surabaya

Terbaru

Thursday, April 27, 2023

Cara Mengantisipasi Cuaca Panas, Jangan Lakukan Hal Ini !!!

Cara Mengantisipasi Cuaca Panas, Jangan Lakukan Hal Ini !!!


Kabar Surabaya - Sudah hampir dua mingguan ini cuaca di Kota Surabaya terasa sangat panas. Cuaca panas ini juga dibarengi dengan kondisi udara yang membuat badan terasa gerah. Dari catatan suhu udara yang ada, kondisi suhu udara tertinggi yang dialami oleh Kota Pahlawan berada di kisaran 33 derajat Celcius. Maka tidak heran kalau banyak pihak yang mengaitkan hal tersebut dengan serangan Gelombang panas yang melanda negara-negara Asia lainnya.



Memang belakangan ini banyak negara Asia yang mengalami peningkatan suhu udara secara drastis. Peningkatan suhu udara ini biasa disebut dengan Gelombang Panas. Ciri khusus dari Gelombang Panas ini adalah peningkatan suhu udara secara drastis minimal dalam lima hari berturut-turut. Beberapa negara di Asia telah mengalami gelombang panas ini dengan suhu yang teramat tinggi, Bahkan bisa mencapai 50 derajat celcius. Suhu tinggi ini juga bisa membuat aspal jalanan menjadi leleh karenanya.


Beberapa negara yang mengalami gelombang panas ini adalah Bangladesh, dengan suhu maksimum harian yang mencapai 51,2॰C. Kemudian Cina yang mencatatkan suhu tinggi sepanjang sejarah. Lalu ada  Jepang yang juga mengalami suhu tertinggi. Bahkan di Thailand yang merupakan negara tetangga mengalami suhu tinggi di kisaran 54 derajat Celcius.


Namun, meski di Indonesia mengalami suhu tinggi di kisaran 33 derajat Celcius, BMKG menyatakan bahwa hal tersebut bukanlah gelombang panas. Kondisi suhu tinggi ini hanyalah fenomena cuaca biasa yang sangat umum terjadi di bulan April hingga Juni mendatang. Fenomena ini adalah fenomena gerak semu matahari. Hal ini juga ditambah dengan menipisnya jumlah awan yang terbentuk, sehingga panas matahari bisa langsung menuju ke daratan tanpa hambatan sama sekali.


Meskipun cuaca sangat panas, namun hindari minuman dingin setelah tubuh terkena paparan sinar matahari. Hal tersebut bisa membuat pembuluh darah didalam tubuh pecah. Lebih baik mengkomsumsi minuman dengan suhu kamar terlebih dahulu beberapa saat, baru kemudian meneguk minuman dingin.


Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan guna mengantisipasi cuaca panas terik yang seringkali terjadi pada siang hari :

1. Gunakan Pakaian Dengan Bahan Tertentu
Pakaian dengan bahan bahan tipis, sedikit longgar dan mampu menyerap keringat adalah pakaian yang wajib dikenakan saat beraktivitas diluar rumah. Selain itu pakaian dengan warna cerah juga cocok dipakai ketika suhu sedang tinggi, karena  tidak menyerap panas.

2. Gunakan sunscreen minimal SPF 35
Untuk menghindari kulit terbakar, gunakanlah sunsreen minimal SPF 35 apabila akan beraktifitas diluar ruangan.

3. Hidrasi tubuh
Tubuh manusia 90%-nya adalah air, oleh karena itu kadar air didalam tubuh harus terus terjaga. Selalu siapkan botol minuman kemanapun anda bepergian. Jangan sampai merasa haus terlalu lama, karena bisa memicu dehidrasi tanpa disadari. 
 
4. Hindari olahraga di siang hari
Karena sinar matahari sedang terik-teriknya, hindari berolahraga pada siang hari bolong. Jika ingin berolahraga, lakukan pada pagi hari sebelum pukul 09.00wib atau sore hari setelah pukul 16.00wib

5. Batasi aktivitas luar ruangan
Selama suhu udara cukup tinggi, usahakan membatasi aktifitas pada siang hari. kalaupun harus beraktifitas, gunakan pakaian yang cocok dan selalu membawa serta air minum guna menjaga dari dehidrasi. (yyan)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad