Piala Dunia U-20 Batal Digelar, Surabaya Dapat Hikmah Tersendiri - Kabar Surabaya

Terbaru

Sunday, April 2, 2023

Piala Dunia U-20 Batal Digelar, Surabaya Dapat Hikmah Tersendiri

Piala Dunia U-20 Batal Digelar, Surabaya Dapat Hikmah Tersendiri


Kabar Surabaya - Indonesia telah dipastikan batal menggelar Piala Dunia U-20 yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Mei 2023 mendatang. Hal ini tentunya merupakan pukulan berat bagi semua yang terlibat. Termasuk diantaranya adalah kota yang menjadi penyelenggara pertandingan. Semuanya telah all-out untuk merombak dan merenovasi lapangan dan infrastruktur lainnya hingga sesuai dengan standart FIFA.



Bagi kota penyelenggara, pembatalan ini merupakan pukulan yang sangat telak. Mengingat semuanya sudah memasuk tahap akhir dan finalisasi. Meski demikian, Pemerintah Kota Surabaya sebagai salah satu kota penyelenggara tidak mau larut dalam kekecewaan. Eri Cahyadi selaku Wali Kota Surabaya mengatakan bahwa setiap peristiwa, pasti ada hikmahnya. Termasuk pembatalan Piala Dunia U-20 di Indonesia.


Beberapa hikmah yang bisa diambil dan merupakan keuntungan tersendiri bagi warga Kota Surabaya adalah sebagai berikut :

1. Stadion Gelora Bung Tomo (GBT)

Semenjak dicanangkan menjadi salah satu lokasi pertandingan, GBT banyak melakukan pembenahan. Mulai dari pemasangan rumput standart FIFA (Zoysia Japonica), sampai pembenahan ruang dalam stadion. Pembenahan ini mulai dari perombakan ruang ganti pemain serta penambahan ruang jacuzy yang bisa digunakan untuk pemulihan fisik usai bertanding. Selain itu ruang media dan ruangan VAR juga telah disiapkan dengan baik.


2. Jalan Akses ke GBT

Sebelum dicanangkan sebagai lokasi pertandingan, akses menuju ke GBT hanya satu saja, yaitu melalui jalan Jawar. Kondisinya bisa dibilang sangat memprihatinkan, selain sangat sempit, lokasi tersebut sangat padat dengan kendaraan. Bila ada pertandingan, lokasi tersebut sering terjadi chaos saling berebut jalur. 

Saat ini Kota Surabaya telah memiliki jalur Lingkar Luar Barat (JLLB). Untuk pembangunannya pemerintah pusat yang mendanainya, sedangkan pembebasan tanahnya dilakukan oleh Pemkot Surabaya.


3. Lapangan THOR 

Selain GBT, Lapangan Thor juga menjadi lapangan yang ditunjuk oleh FIFA untuk menjadi lapangan berlatih bagi tim konstestan Piala Dunia. Saat ini rumputnya sudah diganti dengan standart internasional sehingga sangat nyaman untuk digunakan latihan. 



4 Stadion Gelora 10 November

Sama seperti halnya Lapangan Thor, stadion legendaris di Kota Surabaya ini juga telah mendapatkan renovasi yang sangat sempurna. Sehingga stadion yang terkenal dengan lumpia-nya ini bisa menjadi slternatif bagi tim Persebaya Surabaya untuk berlatih.


Meskipun Piala Dunia U-20 sudah dipastikan batal digelar, namuan pihak Pemkot Surabaya masih menunggu arahan dari pemerintah pusat untuk membuka kembali venue-venue tersebut. Namun Waliota Eri telah memberikan izin kepada Persebaya Surabaya untuk berlatih di lapangan Madya ABC yang ada di Stadion GBT. (yyan)




No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad