Viral !!, Penyandang Disabilitas Surabaya Kirim Pesan Kepada Presiden Jokowi dan Mensos Risma, Tidak Pernah Terima Bantuan - Kabar Surabaya

Terbaru

Thursday, August 11, 2022

Viral !!, Penyandang Disabilitas Surabaya Kirim Pesan Kepada Presiden Jokowi dan Mensos Risma, Tidak Pernah Terima Bantuan

Penyandang Disabilitas Surabaya Kirim Pesan Kepada Presiden Jokowi dan Mensos Risma, Tidak Pernah Terima Bantuan Sosial


Kabar Surabaya - Saat ini Pemerintah Kota Surabaya memiliki banyak kader yang berasal dari masyarakat. Tidak main-main, jumlahnya mencapai ribuan orang untuk satu kecamatan saja. Para kader yang diberikan julukan Kader Surabaya Hebat ini memiliki tugas untuk memantau lingkungannya masing-masing. Salah satunya adalah melakukan pendataan terhadap tetangganya, data tersebut seperti halnya apakah warga termasuk dalam Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

 


Jika ada warga yang masuk kedalam MBR maka Pemkot Surabaya akan segera melakukan intervensi agar warga bisa keluar dari status tersebut. Intervensi yang sering dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan ataupun dengan membukakan lapangan pekerjaan. Salah satu contoh dilapangan adalah dengan banyak dibukanya Rumah Padat karya. Di tempat tersebut warga MBR diberikan kesempatan untuk bekerja dibidang cuci kendaraan, cafe, menjahit, maupun usaha lainnya.

 

Namun, beberapa hari muncul upload-an vidio yang dishare melalui Media Sosial Youtube dengan nama Ricky Septy Andika. Dalam unggahannya, sosok pria dalam vidio tersebut mengaku sebagai penyandang Disabilitas. Dirinya hanya tinggal bersama Ibu Kandungnya saja. Pesan terbuka yang disampaikan adalah, bahwa dirinya selama ini belum pernah menerima bantuan sosial maupun PKH (Program Keluarga Harapan).

 

Tidak main-main, pesan terbuka ini langsung ditujukan kepada Presiden Joko Widodo dan Mentri Sosial Tri Rismaharini. Unggahan vidio ini diupload pada tanggal 2 Agustus 2022 yang lalu. Postingan ini diberi judul "Pesan Langsung Untuk Bapak Presiden (Jokowi), Ibu Mensos (Bu Risma), dan Ibu Angkie Yudistia" 


Berikut isi dari pesan terbuka tersebut : Assalamualaikum wr.wb, Kepada yang terhormat Bapak Presiden Indonesia Bapak Jokowi, Ibu Mensos dan Ibu Pemerhati Disabititas Indonesia Ibu Angkie Yudistia. Perkenalkan nama saya Ricky Septy Andika dari Surabaya, umur saya 30 tahun dan saya seorang penyandang disabilitas. Maaf sebelumnya, Bapak dan Ibu, Saya tidak akan bicara panjang lebar, karena saya tidak pandai bicara, langsung ke Pokok Permasalahannya saja.

 

Bapak dan Ibu, disini saya ingin menyampaikan tentang keluhan saya, mengenai bantuan sosial untuk Disabilitas maupun untuk PKH dan rusun untuk masyarakat tidak mampu. Saya dan Ibu saya sudah berusaha mendapatkan hak dan fasilitas tersebut sebagai warga negara Indonesia. Tapi sampai saat ini saya belum mendapatkan hak itu. Mohon bantuannya kepada Bapak Presiden, Ibu Mensos dan Ibu Angkie Yudistia untuk mempermudah dan mempercepat saya untuk mendapatkan hak tersebut, agar saya bisa mengurangi beban Ibu saya sebagai orang tua tuanggal.

 

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih dan mohon maaf apabila ada kata-kata saya yang tidak pantas dan kurang berkenan dihati Bapak Presiden dan Ibu sekalian. Besar harapan saya agar apa yang saya sampaikan dapat mengetuk hati Bapak Presiden dan Ibu sekalian. Dan ini juga berlaku kepada saudara-saudara saya yang mengalami kehidupan seperti saya. Wassalamualaikum wr.wb.

 

Dalam vidio tersebut disertakan narasi sebagai berikut : Saya berharap pesan ini bisa sampai ke beliau yang ada di Kepemerintahan Indonesia. Khususnya untuk Bapak Presiden (Pak Jokowi), Ibu Mensos (Ibu Tri Rismaharini), dan Ibu Pemerhati Disabilitas Indonesia (Ibu Angkie Yudistia). Aamiin aamiin aamiin...😊🙏

 

Saya lakukan ini terutama demi Mama saya yang selama 30 tahun telah merawat saya dengan keikhlasan dan kesabaran yang luar biasa.. sudah waktunya saya untuk melakukan sesuatu, agar Mama saya bangga kepada saya 😊

 

Sedikit penjelasan saya mengenai disabilitas yang saya alami dan derita.. penyakit saya bernama SMA (Spinal Moscular Atropy) tipe 2.. ini adalah penyakit genetik atau keturunan.. penyakit ini juga termasuk langka.. penyakit ini progres sifatnya, yang secara perlahan menurunkan kemampuan pengidapnya.. yang awalnya bisa melakukan aktivitas hingga tidak bisa sama sekali.. tergantung dari jenis tipenya.. kalau saya alhamdulillah adalah tipe 2, dan dapat bertahan hidup..✊     

 


Sampai saat ini vidio tersebut telah ditonton sebanyak 1.987 kali dan mengundang banyak komentar. Banyak komentar yang kemudian menanyakan alamat lengkap dari Ricky. Seperti halnya komentar dari akun bernama Solidaritas Disabilitas.yang menuliskan komentar seperti berikut :

Waalaikummusalam. Mas Ricky mohon ijin tlg dijelaskan dengan lengkap alamat atau nomor kontak panjenengan agar pemerhati disabilitas dan Pemkot Surabaya bisa identifikasi dan memberikan intervensi. Karena saat ini disabilitas di Lingkungan Kota Surabaya, betul2 diperhatikan. Terbukti dengan adanya program dan kesempatan yang diberikan Pemkot Surabaya untuk disabilitas agar lebih baik. Untuk rusun juga diprioritaskan. Namun ttp melalui observasi, agar tepat sasaran. Begitu Mas Ricky. Sehat selalu dan percaya bahwa Pemkot Surabaya betul2 bekerja untuk warganya. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad