Surabaya Siap Hadirkan Taman Wisata Komodo, Bagaikan Berpetualang Di Pulau Dinosaurus - Kabar Surabaya

Terbaru

Tuesday, August 16, 2022

Surabaya Siap Hadirkan Taman Wisata Komodo, Bagaikan Berpetualang Di Pulau Dinosaurus

Surabaya Siap Hadirkan Taman Wisata Komodo, Bagaikan Berpetualang Di Pulau Dinosaurus

 

Kabar Surabaya - Komodo merupakan salah satu binatang yang diyakini sebagai kerabat dekat dari Dinosaurus atau binatang pada zaman purba. Bahkan sebagian ilmuan menyatakan kalau komodo merupakan salah satu hewan purba yang selamat dari kepunahan massal. Salah satu lokasi didunia ini untuk melihat habitat Komodo di alam liar adalah Pulau Komodo Indonesia. 



Selain di Pulau Komodo, masyarakat juga bisa menyaksikannya di Kebun Binatang Surabaya (Surabaya Zoo). Dari semua kebun binatang yang ada di Indonesia, Kebun Binatang Surabaya (KBS) terkenal sangat tdentik dengan satwa Komodo. Bahkan Komodo sudah menjadi salah satu icon dari Surabaya Zoo. Selain menjadi icon, hewan reptil ini kerap menjadi alat tukar satwa dengan kebun binatang lainnya, baik dalam negeri maupun luar negeri.


Kebun Binatang Surabaya dianggap sukses untuk mengembang-biakkan satwa komodo. Hampir setahun sekali Kebun Binatang yang berada di tengah kota ini menetaskan puluhan telur Komodo. Keberhasilan dalam mengembangkan satwa Komodo ini akhirnya membuat Pemkot Surabaya memiliki rencana jangka panjang untuk membuat Taman Wisata Komodo di Kota Pahlawan ini.

 

Untuk saat ini Kebun Binatang Surabaya telah memiliki 162 ekor Komodo. Jumlah ini termasuk 29 ekor yang baru saja menetas beberapa bulan yang lalu. Dengan jumlah sebanyak ini, dipastikan Kota Surabaya menjadi daerah dengan populasi Komodo terbesar kedua setelah Pulau Komodo. Kondisi inilah yang akhirnya membuat KBS berencana membuat Taman Wisata Komodo.

 

Khoirul Anwar selaku pimpinan PDTS KBS membenarkan bahwa pihaknya  berencana untuk melakukan pengembangan dengan membangun destinasi wisata baru, yakni Taman Wisata Komodo. Namun saat ini masih dalam tahap memantapkan masterplan dan melakukan feasibility study atau studi kelayakan. Pada tahun depan nanti, manajemen KBS akan mempresentasikan Taman Wisata Komodo ini dihadapan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi.


Sedangkan untuk lokasi dari Taman Wisata Komodo ini, alternatifnya berada di kawasan Surabaya Barat atau Surabaya Timur. Namun jika dilihat secara detail, kawasan Surabaya Timur daerah Wonorejo terlihat lebih cocok. Dari daerahnya yang pesisir, udara, iklim, Wonorejo lebih cocok bagi habitat Komodo. Namun, kepastian lokasinya menunggu dari study kelayakan yang akan dilakukan. Dengan adanya Taman Wisata Komodo, maka warga Surabaya tidak perlu jauh-jauh datang ke Pulau Komodo (NTT) jika ingin melihat komodo.


 

Taman Wisata Komodo ini juga bisa menjadi sarana belajar mengenai perkembangan komodo mulai dari kecil hingga dewasa, termasuk perilaku hewan purba pada saat makan atau saat kawin, dan lain-lain. Jika rencana ini terwujud, maka Kota Surabaya akan memiliki destinasi wisata yang khusus habitat Komodo pertama di Indonesia. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad