Walikota Risma Mendapatkan Gelar Doktor Dari Negara Korea - Kabar Surabaya

Breaking

Wednesday, October 2, 2019

Walikota Risma Mendapatkan Gelar Doktor Dari Negara Korea

Walikota Risma Mendapatkan Gelar Doktor Dari Negara Korea


Kabar Surabaya - Kota Surabaya sangat terkenal dengan pembangunan taman kota-nya. Pembangunan taman kota ini sangat masif terjadi sejak era kepemimpinan Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Maka tidak heran, selain mendapatkan julukan sebagai Kota Pahlawan, kota ini juga mulai mendapatkan julukan sebagai kota seribu taman. Walikota Risma-pun dijuluki sebagai Walikota Taman. Hal inilah yang akhirnya membuat Walikota Risma mendapatkan penghargaan yang cukup mendalam dari Pemerintahan Kota Busan di Korea Selatan.



Ada dua penghargaan khusus yang diberikan kepada Walikota Risma dalam lawatannya ke Korea Selatan. Pertama adalah pemberian gelar Doktor Honoris Causa dibidang Arsitektur dari Universitas Tongmyom yang berada di Kota Busan, Korea Selatan. Pemberian gelar Doctor HC ini dikarenakan Walikota Risma cukup sukses dalam mengembangkan ruang terbuka hijau di Kota Surabaya.

Dalam paparannya, Walikota Risma memang banyak sekali mengemukakan tentang beragam pembangunan ruang terbuka hijau yang ada di Kota Pahlawan ini. "Saat ini Kota Surabaya telah memiliki 30% Ruang Terbuka Hijau, ini sudah melebihi dari yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat, yaitu 25%," papar Walikota Risma dihadapan akademika Universitas Tongmyom, Busan, Korea Selatan. "Dan kami tidak akan berhenti sampai disini, kami akan kembangkan terus Ruang Terbuka Hijau ini dengan kembali membangun taman-taman kota," sambungnya.



Lebih lanjut dalam paparannya, Walikota Risma menyampaikan, bahwa konsep pengelolaan Ruang Terbuka Hijau yang dibangun di Kota Surabaya ini banyak berupa taman kota dan taman disepanjang aliran sungai. Pengembangan model taman yang akan dibangun ini, juga melibatkan partisipasi warga sekitar secara langsung. Aspirasi mereka ditampung guna pembuatan model taman yang diinginkan. Pembuatan model taman berdasarkan aspirasi masyarakat ini terlihat pada Taman Jayengrono yang berada dikawasan tua Kota Surabaya. Taman ini juga dikenal sebagai taman sejarah, karena letaknya yang berada dikawasan tewasnya Jendral Mallaby saat pertempuran kemerdekaan 1945 silam.

Selain itu Kota Surabaya juga mempunyai banyak sekali taman yang cukup dikenal oleh masyarrakay, yaitu Taman Bungkul yang menjadi taman terbaik di Asia Tenggara. Taman Ekspresi, Taman Harmoni yang dibangun dari tempat pembuangan sampah serta Taman Pelangi yang dibangun dari bekas lahan SPBU.

Pemberian gelar Doktor HC ini juga dikarenakan posisi Walikota Risma sebabai Presiden UCLG ASPAC. Hal ini memberikan kesempatan bagi Walikota Risma untuk bisa mendorong anggota yang lain agar bisa membangun kota selayaknya Kota Surabaya. 



Selain mendapatkan gelar Doktor HC, Walikota Risma juga mendapatkan gelar khusus dari pemerintahan Busan, Korea. Gelar ini berupa warga kehormatan Kota Busan. Gelar warga kehormatan ini dikarenakan Walikota Risma turut berpartisipasi dalam hal pengembangan wilayah di Kota Busan. Hal ini bisa terjadi karena Kota Busan adalah sister city dari Kota Surabaya. Kerjasama sister city ini sudah terjalin sejak 25 tahun silam. (Yanuar Yudha)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad