Tarif Tol Bakal Naik pada Akhir Tahun Ini - Kabar Surabaya

Breaking

Friday, October 4, 2019

Tarif Tol Bakal Naik pada Akhir Tahun Ini

Tarif Tol Bakal Naik pada Akhir Tahun Ini

Kabar Surabaya - Pembangunan Infrastruktur di Indonesia pada 5 tahun terakhir ini bisa dikatakan cukup masif. Salah satunya adalah pembangunan jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan Jawa Barat hingga ke ujung Jawa Timur. Hal ini membuat mobilitas masyarakat menjadi lebih cepat dan lebih nyaman. Meskipun tarifnya masih di anggap terlalu tinggi, namun jalan tol ini banyak diminati oleh masyarakat, terutama pada saat mudik Lebaran.


Pada akhir tahun ini, para pengendara roda empat atau lebih yang sering menggunakan jalan tol harus sedikit menaikkan anggarkan biaya tol-nya. Hal ini dikarenakan pemerintah akan berencana untuk menaikkan beberapa ruas jalan tol pada akhir tahun ini.

Kenaikan tarif ruas jalan tol ini dikarenakan pihak operator jalan tol ingin melakukan penyesuaian terhadap laju inflasi yang ada. Danang Parikesit selaku Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menjelaskan bahwa kenaikan tarif jalan tol ini sudah sesuai dengan kesepakatan dari perusahaan pengelola jalan tol. Usulan ini juga telah disetujui oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.


Mengenai kapan tarif tol ini akan dilaksanakan, Kabar Surabaya masih belum memperoleh informasi yang pasti. Namun berdasarkan keterangan yang ada, kenaikan ini kemungkinan besar akan dilakukan pada bulan Desember 2019.

Kenaikan tarif jalan tol sejatinya adalah hal yang biasa dan jamak untuk dilakukan. Peraturan mengenai kenaikan jalan tol ini tertuang dalam Undang-Undang No.38 tentang jalan dan Peraturan Pemerintah No.15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol. Peraturan ini memberikan ruang kepada Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) untuk melakukan evaluasi terhadap tarif jalan tol dalam dua tahun sekali. 

Desy Arryani selaku Direktur Utama Jasa Marga mengungkapkan bahwa kenaikan tarif jalan tol ini berkaitan erat dengan pengembalian investasi yang harus dilaksanakan. 


Berikut adalah daftar Ruas Tol yang akan mengalami kenaikan pada akhir tahun ini :
  1. Ruas Jalan Tol Jakarta - Tangerang
  2. Ruas Jalan Tol Tangerang - Merak
  3. Ruas Jalan Tol Jagorawi
  4. Ruas Jalan Tol Kertosono - Mojokerto. 
  5. Ruas Jalan Tol Makassar seksi IV
  6. Ruas Jalan Tol Cikampek - Palimanan
  7. Ruas Jalan Tol Gempol - Pandaan tahap I
  8. Ruas Jalan Tol Surabaya - Mojokerto
  9. Ruas Jalan Tol Palimanan - Kanci
  10. Ruas Jalan Tol Semarang Seksi ABC
  11. Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta 
  12. Ruas Jalan Tol Pondok Aren - Serpong
  13. Ruas Jalan Tol Belawan - Medan - Tanjung Morawa
  14. Ruas Jalan Tol Ujung Pandang Seksi I dan II
  15. Ruas Jalan Tol Nusa Dua - Ngurah Rai-Benoa
  16. Ruas Jalan Tol Surabaya - Gempol
  17. Ruas Jalan Tol Pasirkoja - Soreang
  18. Ruas Jalan Tol Surabaya - Gresik
Untuk nilai kenaikannya nantinya masih akan dibicarakan lebih lanjut lagi. Namun BPJT menyatakan bahwa sedapat mungkin kenaikan ini tidak akan memberatkan para pengguna jalan tol. (Yanuar Yudha)
   

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad