Berlibur Di Perpustakaan Umum Kota Surabaya - Kabar Surabaya

Breaking

Saturday, December 22, 2018

Berlibur Di Perpustakaan Umum Kota Surabaya

Berlibur Di Perpustakaan Umum Kota Surabaya


Kabar Surabaya - Menikmati waktu liburan sekolah tidak harus pergi keluar kota ataupun pergi ke tempat wisata maupun ke Mall. Meluangkan waktu untuk pergi ke perpustakaan bisa menjadi alternatif yang bagus untuk menikmati masa-masa liburan semester kali ini. Hal inilah yang di lakukan oleh warga di sekitar Perpustakaan Umum Kota Surabaya yang berada di Jalan Rungkut Asri Tengah 5-7. Mereka berbondong-bondong untuk datang ke perpustakaan guna mendapatkan bacaan yang sarat akan ilmu pengetahuan ini.

Perpustakaan Umum Kota Surabaya ini terletak di area yang strategis. Selain berada di tengah-tengah perumahan, perpustakaan yang terdiri dari 2 lantai ini juga di apit oleh berbagai sekolah. Mulai dari sekolah SMPN 34, SMAN17, SMPN23, dan berbagai sekolah SD negeri maupun swasta. Kondisi inilah yang membuat Perpustakaan Umum Kota Surabaya yang berada di Surabaya Timur ini tidak pernah sepi dari kunjungan para siswa.

Pada musim liburan semester kali ini, biasanya jumlah kunjungan ke perpustakaan semakin meningkat. Hal inilah yang admin kabar Surabaya temui ketika berkunjung ke Perpustakaan Umum Surabaya yang terletak persis di depan SMAN 17 ini. Dari luar, tampak sekali, parkiran kendaraan pengunjung sangat penuh, hal ini menandakan jumlah pembaca di dalam juga pasti membludak.

Ada yang baru, ketika para pengunjung masuk ke dalam Perpustakaan Umum Kota Surabaya ini, yaitu sapaan ramah dari petugas perpustakaan. "Selamat datang di Perpustakaan Kota Surabaya..." begitulah sapaa-an khas dari petugas kepada setiap pengunjung yang masuk dari pintu utama.

Sebelum Baca Buku..Harap Isi buku Tamu Dulu Ya..
Sebelum bisa membaca buku, para pengunjung wajib untuk mengisi buku tamu secara elektronik pada sebuah PC. Di sini pengunjung akan di minta untuk mengisikan nama, alamat, dan data diri lainnya. Jangan khawatir bingung, karena selalu ada petugas yang mendampingi untuk pengisian data ini. Setelah pengisian data selesai, barulah kita bisa membaca buku. Tas punggung dan barang bawaan seperti jaket, tidak boleh di bawa ke ruang buku. Namun harus di tempatkan di dalam loker yang terletak di sebelah kiri pintu masuk.

Ruang Baca Untuk Anak
Ruang baca buku di Perpustakaan Umum Surabaya ini terbagi dalam 2 ruangan, yaitu ruang baca anak-anak dan ruang baca untuk umum/dewasa. Ruang baca anak berada di sebelah kanan pintu masuk. Ruang ini berukuran kurang lebih 8x6meter. Desainnya di buat senyaman mungkin untuk anak-anak, mulai dinding yang bergambar karakter anak-anak, serta cara duduknya yang lesehan, alias tanpa kursi. Hampir semua anak yang ada di ruangan ini selalu di dampimgi oleh ibu/bapaknya.

Semua buku yang ada di ruang baca anak ini adalah buku anak-anak. Mulai buku cerita rakyat, dongeng, komik anak serta novel anak  KKPK (Kecil-Kecil Punya Karya). Selain itu adapula buku-buku ilmu pengetahuan bagi anak. Di ruang inilah biasanya banyak sekali program untuk anak di lakukan. Seperti halnya program mendongeng yang di lakukan oleh petugas perpustakaan kepada pembaca anak-anak. Selain mendongeng, anak-anak ini juga mendapatkan workshop menulis dan membaca yang baik.

Ruang Baca Dewasa
Bagi pengunjung dewasa, buku untuk mereka ada di ruang belakang. Luas ruangannya hampir separuh dari luas keseluruhan gedung perpustakaan , dan jumlah rak bukunya sangat banyak, dengan berbagai pilihan buku-buku. Mulai dari buku pengetahuan, filsafat, kedokteran, ekonomi, sosial, surat kabar, dan lain sebagainya. Kalau di ruangan anak-anak tidak ada kursi, ruangan di sini banyak kursi dan meja yang di sediakan untuk pembaca. Kursinya bermacam-macam, mulai dari kursi kayu hingga sofa.

Untuk kenyamanan jangan khawatir, karena semua ruangan di Perpustakaan Umum Kota Surabaya ini telah di sediakan pendingin ruangan. Jadi di pastikan anda bisa nyaman untuk menghabiskan waktu di perpustakaan selama mungkin. Namun jangan smpai anda tertidur, karena saking nyamannya ya..hehe.

Untuk menjadi anggota Perpustakaan Umum Kota Surabaya ini sangatlah mudah. Pengunjung hanya perlu menyerahkan fotocopy kartu identitas (KTP) Surabaya atau kartu Keluarga bagi yang masih berusia di bawah 17 tahun. Setelah itu anda akan di persilahkan untuk mengisi formulis yang telah di sediakan dan langsung memasuki ruangan foto untuk mencetak kartunya. kartu anggota perpustakaan langsung jadi dan aktif saat itu juga. Dan biayanya GRATIS...

Untuk meminjam buku caranya juga sangat mudah. Setiap kali peminjaman pengunjung hanya boleh meminjam 2 buah buku saja dengan waktu maksimal 7 hari. Dan bisa melakukan peminjaman lagi setelah kedua buku itu di kembalikan. Apabila terlambat, akan di kenakan denda sebesar Rp 200 untuk buku anak dan Rp 500 untuk buku dewasa per-harinya.

Bagi yang ingin berkunjung di Perpustakaan Umum Kota surabaya Rungkut ini, pengunjung bisa datang setiap hari. Perpustakaan ini buka pada pukul 08.00 -19.00wib pada hari Senin hingga Kamis, dan Pukul 08.00 - 18.00wib pada hari Jumat. Sedangkan pada Sabtu dan Minggu tetap buka hingga pukul 15.00wib. Perpustakaan ini akan tutup pada tanggal merah dan hari libur nasioal. Nah..tunggu apalagi, ayo manfaatkan liburanmu ke Perpustakaan Umum Kota Surabaya.  (Yanuar Yudha)



No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad