Trans Jatim Bakal Melaju Sanpai Bangkalan, Berikut Harga Tiket Dan Haltenya - Kabar Surabaya

Terbaru

Wednesday, January 24, 2024

Trans Jatim Bakal Melaju Sanpai Bangkalan, Berikut Harga Tiket Dan Haltenya


Trans Jatim Bakal Melaju Sanpai Bangkalan, Berikut Harga Tiket Dan Haltenya


Kabar Surabaya - Pada tahun 2024 ini, Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengumumkan rencananya untuk memperluas layanan bus Trans Jatim. Selain melibatkan koridor V yang menghubungkan Surabaya-Bangkalan, pemerintah juga akan menambah Koridor IV dengan rute Gresik-Lamongan.


Dilaporkan oleh Humas Pemprov Jatim di akun Instagram @jatimpemprov, Trans Jatim Koridor IV rute Gresik-Lamongan dipilih karena wilayah tersebut dianggap strategis. Daerah ini dikenal sebagai kawasan industri dengan banyaknya tenaga kerja yang bekerja di sana.



Pengembangan Trans Jatim Koridor IV diharapkan dapat mempermudah mobilitas tenaga kerja dengan menyediakan sarana angkutan yang efisien. Selain itu, layanan ini akan terintegrasi dengan moda transportasi lain, seperti kapal di Pelabuhan Paciran, baik untuk angkutan penumpang maupun barang.


Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyatakan bahwa ekspansi layanan ini akan terus dilakukan karena Trans Jatim telah meraih animo tinggi dari masyarakat dan menjadi layanan yang sangat dinantikan.

“Sejak diluncurkan, Trans Jatim menjadi andalan masyarakat dalam beraktivitas, bahkan selalu ramai peminat,” ujar Khofifah dalam rilis resmi @jatimpemprov.


Dengan perluasan Trans Jatim, Pemerintah Provinsi Jawa Timur berkomitmen untuk terus menyediakan pelayanan transportasi umum yang aman dan nyaman bagi masyarakat. Operasional Trans Jatim Koridor IV ini berlangsung dari pukul 05.00 hingga 21.00 WIB, menghubungkan Terminal Bunder Gresik dengan Terminal Paciran Lamongan, dan sebaliknya.


Untuk Trans Jatim rute Bangkalan ini, nantinya akan melalui jalan sepanjang 59 Km dari Bangkalan ke Surabaya. Sedangkan tahap sosialisasi dan uji coba sudah dilakukan pada Senin (22/1/2024). Dalam hal ini Pemerintah Bangkalan juga telah menyiapkan 8 halte di sepanjang rute tersebut untuk mendukung kelancaran perjalanan. Rute tersebut melibatkan halte-halte seperti terminal Purabaya, Purabaya, perak barat, amoel-sidotopo, Kedinding Lor, simpang tangkel, embong miring burneh, Plaza Bangkalan, dan Terminal Bangkalan.


Untuk mendukung operasional di Bangkalan, pemerintah setempat juga akan menyediakan 4 halte penunjang, dan memberikan pemberhentian bus di 4 titik strategis.


Arief M Edie, Pj Bupati Bangkalan, menyatakan bahwa uji coba rute akan dilakukan pada Senin, dan jika diperlukan, BBM (Bahan Bakar Minyak) akan disediakan tanpa biaya, serta penumpang tidak diharuskan membayar tarif atau dapat memberikan sumbangan sukarela.



Tarif Trans Jatim Koridor V ini dirancang agar terjangkau bagi masyarakat umum, pelajar, dan mahasiswa. Harga tiketnya adalah Rp 5.000 untuk umum dan Rp 2.500 untuk pelajar serta mahasiswa. Pembelian tiket dapat dilakukan melalui aplikasi Trans Jatim atau secara langsung menggunakan pembayaran tunai untuk memudahkan akses masyarakat.


Ketua DPRD Kabupaten Bangkalan, Efendi, menyambut baik program ini dan menyatakan dukungannya. "Program ini sangat menggembirakan, karena akan memudahkan masyarakat dalam melakukan aktivitasnya. Kami menyambut dengan sangat baik program ini," ujarnya. Program Trans Jatim diharapkan dapat memberikan layanan transportasi umum yang memadai dan terjangkau bagi semua lapisan masyarakat.


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad