Kena Kembang Api Tahun Baru, Belasan Bangunan Di Kota Surabaya Ludes Termakan Api - Kabar Surabaya

Terbaru

Tuesday, January 2, 2024

Kena Kembang Api Tahun Baru, Belasan Bangunan Di Kota Surabaya Ludes Termakan Api

Kena Kembang Api Tahun Baru, Belasan Bangunan Di Kota Surabaya Ludes Termakan Api


Kabar Surabaya - Malam pergantian tahun di Surabaya menyisakan kejadian tragis setelah dugaan percikan kembang api menghanguskan sebuah gudang di Jalan Jepara pada Senin (1/1). Tidak kurang dari 12 bangunan semi permanen di kawasan tersebut dilaporkan terbakar sekitar pukul 06:40 WIB.



Dedik Irianto, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya, menjelaskan bahwa kebakaran terjadi di aset milik TNI yang diubah menjadi lapangan, dengan sejumlah bangunan semi permanen berfungsi sebagai gudang. "Jalan Jepara ini memiliki aset TNI Angkatan Darat, di atasnya dibangun gudang-gudang yang berisi berbagai macam barang, seperti plastik, palet, mesin-mesin, kayu, dan triplek-triplek," ujarnya.


Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, meskipun tujuh rumah warga sekitar gudang terkena dampak, terutama bagian dapur dan atapnya. Dedik menjelaskan bahwa penyebab kebakaran masih belum dapat dipastikan, namun kesaksian warga mengindikasikan adanya aktivitas pemakaian kembang api malam pergantian tahun baru di sekitar lokasi kebakaran.


"Awal kejadiannya malam itu katanya ada warga yang main kembang api. Ada yang (meluncur ke atas) tapi tidak menyala kemudian jatuh ke lokasi sekitaran gudang. Tapi waktu dicek (lokasinya) tidak ada apa-apa, mungkin masih berproses. Waktu ditinggal tidur, apinya (kebakaran) sudah terjadi," ungkap Dedik.


Dalam upaya pemadaman, sebanyak 25 mobil pemadam DPKP dikerahkan, didukung oleh enam unit truk tangki air milik Dinas Lingkungan Hidup. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 09:19 WIB. Meski berhasil mengendalikan situasi, petugas masih terkendala dengan akses yang sempit menuju lokasi kebakaran karena banyaknya mobil yang terparkir. (yyan)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad