Grand Opening Museum Pusat TNI AL Sajikan Konsep Museum Pintar Berbasis Teknologi 4.0 - Kabar Surabaya

Terbaru

Friday, January 19, 2024

Grand Opening Museum Pusat TNI AL Sajikan Konsep Museum Pintar Berbasis Teknologi 4.0

 
Grand Opening Museum Pusat TNI AL Sajikan Konsep Museum Pintar Berbasis Teknologi 4.0


Museum Pusat TNI AL kini memasuki era baru dengan memperkenalkan konsep museum pintar yang mengadopsi teknologi 4.0. Inovasi ini tidak hanya mencakup penyajian informasi secara interaktif, tetapi juga menciptakan pengalaman eksplorasi yang modern dan futuristik.



Museum yang berada Komplek Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) Bumimoro Krembangan Surabaya ini sudah mulai melakukan soft opening pada tahun 2023 lalu. Namun untuk Grand Openingnya akan dilakukan pada hari Sabtu tanggal 20 januari 2024 mendatang. Ada beragam lomba yang digelar oada saat Grand Opening ini, seperti lomba foto, lomba Reels IG, Lomba menggambar maupun Lomba mewarnai untuk ank-anak.


Museum pusat TNI AL Surabaya ini, merupakan museum yang dilengkapi dengan piranti kecanggihan teknologi. Semua perangkat elektronik, multimedia, pencahayaan, dan pengaturan daya listrik saling terkoneksi, memanfaatkan kecanggihan teknologi 4.0. Sistem ini memungkinkan pengaturan otomatis untuk menciptakan atmosfer yang sesuai dengan tema pameran atau sejarah yang dipresentasikan.


Keunggulan lainnya adalah penggunaan kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan pengelolaan museum dapat dilakukan dari jarak jauh melalui sistem remote. Hal ini mempermudah pengelolaan dan pemeliharaan koleksi museum tanpa harus berada di lokasi fisik.


Tak hanya itu, museum ini dilengkapi dengan ratusan sensor interaktif, perangkat layar sentuh, serta proyeksi dengan lumens tinggi untuk menciptakan pengalaman menjelajah museum yang tidak hanya memukau, tetapi juga meninggalkan kesan mendalam pada pengunjung.


Ali, seorang perwakilan museum, berharap bahwa Museum Pusat TNI AL ini akan menjadi warisan berharga bagi generasi penerus TNI AL dan masyarakat Indonesia. Tujuannya adalah membentuk mindset dan karakter maritim, serta menginspirasi menuju Jalesveva Jayamahe, mencerminkan keunggulan dalam pengaruh maritim.


Museum Pusat TNI AL Surabaya ini terbuka untuk masyarakat umum pada Hari Selasa sampai hari Minggu, sedangkan Hari Senin tutup. jam operasionalnya mulai pukul 09.00wib sampai pukul 17.00wib.  Untuk Tiket Regulernya sendiri HTM-nya adalah Rp 15.000/orang (area Introduksi, area Hanggar, dan area KRI RE Martadinata) dan untuk tiket terusan Theater sebesar Rp 25.000/orang. 


Salah satu wahana canggih yang dimiliki oleh Museum Pusat TNI AL Surabaya ini adalah Theater 5D Immersive. 5D Immersive adalah wahana khusus di Museum Pusat TNI Angkatan laut yang memberikan pengalaman dan sensasi pertempuran di Laut Arafuru. Untuk tiketnya sendiri dipatok Rp 40.000/orang. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad