Bye-Bye Wisata Gratis , Mulai Hari Ini Masuk Mangrove Harus Bayar Sekian, Siapkan Kocek Dalam-Dalam - Kabar Surabaya

Terbaru

Monday, January 1, 2024

Bye-Bye Wisata Gratis , Mulai Hari Ini Masuk Mangrove Harus Bayar Sekian, Siapkan Kocek Dalam-Dalam

Bye-Bye Wisata Gratis , Mulai Hari Ini Masuk Mangrove Harus Bayar Sekian, Siapkan Kocek Dalam-Dalam  


Kabar Surabaya - Dua destinasi hiburan populer di Surabaya kini mengenakan tarif retribusi mulai Senin (1/1), sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) No 7 tahun 2023 mengenai pajak dan retribusi daerah. Kebun Raya Mangrove dan Adventureland Romokalisari menjadi objek penerapan retribusi ini.



Menurut informasi dari DKPP Surabaya yang diunggah di akun Instagram resminya, tarif retribusi di Kebun Raya Mangrove mencakup berbagai elemen seperti tiket masuk, tiket hiburan satuan, tiket paket terusan, dan tiket rombongan.


Tiket masuk ke Kebun Raya Mangrove dikenakan biaya Rp 10.000 per orang pada hari biasa, sedangkan pada akhir pekan dan hari libur, tarifnya naik menjadi Rp 15.000 per orang. Untuk anak-anak dengan tinggi badan maksimal 100 cm, biaya tiket masuk adalah Rp 5.000.


Adapun tarif khusus untuk pelajar dan pendampingnya adalah Rp 3.000 per anak pada hari biasa dengan syarat melampirkan bukti identitas seperti KTP, KK, atau Kartu Pelajar.


Paket terusan di Kebun Raya Mangrove memiliki lima tingkatan, mulai dari Platinum hingga Bronze. Paket Platinum, yang mencakup tiket masuk, mobil golf, ATV, perahu, dan sepeda air, memiliki tarif Rp 85.000 pada hari biasa dan Rp 90.000 pada akhir pekan.


Sementara itu, Adventureland Romokalisari hanya mengenakan retribusi pada tiket masuk, tidak termasuk biaya untuk setiap hiburan di dalamnya. Tarif tiket masuk di Adventureland Romokalisari sama dengan Kebun Raya Mangrove, yaitu Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.


Adventureland Romokalisari juga menerapkan retribusi untuk penyewaan stand, area terbuka, lokasi spanduk, panggung reklame, dan lahan insidentil. Biaya penyewaan stand adalah Rp 45.000 per m² per bulan, sementara penyewaan area terbuka dikenakan biaya Rp 20.000 per m² per hari. Tarif untuk lokasi spanduk adalah Rp 50.000 per hari pada setiap titik, sedangkan penggunaan panggung reklame dikenakan biaya Rp 11.000 per m² per hari.


Terakhir, pemakaian lahan insidentil di Adventureland Romokalisari dikenakan tarif retribusi daerah sebesar Rp 100.000 untuk setiap 2 jam. Pengunjung juga memiliki opsi untuk tidak membeli tiket terusan, tetapi akan dikenai biaya tambahan untuk setiap permainan atau hiburan yang diakses. Potongan 10 persen diberikan untuk tarif masuk paket rombongan yang terdiri dari minimal 100 orang dengan bukti rombongan yang valid. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad