Surganya Belanja, Surabaya Ternyata Punya 32 Mall, No.29 Terbesar No.1 Se-Indonesia - Kabar Surabaya

Terbaru

Friday, August 11, 2023

Surganya Belanja, Surabaya Ternyata Punya 32 Mall, No.29 Terbesar No.1 Se-Indonesia

Surganya Belanja, Surabaya Ternyata Punya 32 Mall, No.29 Terbesar No.1 Se-Indonesia


Kabar Surabaya - Selain memiliki banyak tempat wisata besejarah, Kota Surabaya juga memiliki banyak pusat perbelanjaan atau Mall. Maka tidak heran apabila Kota Pahlawan ini juga terkenal dengan wisata belanjanya. Kerennya lagi, Mall terbesar no.1 dan no.2 Se-Indonesia, ada di Kota Surabaya. Mall tersebut adalah Pakuwon Mall dan Tunjungan Plaza. 



Selain kedua Mall tersebut, Kota Surabaya masih memiliki puluhan Mall lainnya. Lokasinya tersebar hingga diseluruh penjuru kota. Sehingga warga Surabaya tidak perlu jauh-jauh bepergian keluar rumah hanya untuk ke Mall. Karena memang jaraknya yang cukup dekat dengan pemukiman warga setempat.


Saking banyaknya mall, menurut catatan yang ada, Kota Surabaya setidaknya memiliki 32 Mall. dengan segala keunikan dan fasilitas yang berbeda-beda. Berikut ke-32 Mall beserta lokasinya yang telah tercatat di Pemerintah Kota Surabaya.


1.Tunjungan Plaza (TP)

Mall yang berada di pusat Kota Surabaya ini memiliki enam bangunan utama, atau disebut TP 1, TP2, TP 3, TP 4, TP 5, dan TP 6. Mall ini tercatat sevagai Mall terbesar kedua se-Indonesia. 

2.Surabaya Plaza

Mall ini berdiri diatas lahan bekas Rumah Sakit pada masa perjuangan. Meskipun awalnya identik dengan Horor Suster Gepeng, Namun Mall yang berada di jalan Pemuda 33 – 37, Embong Kaliasin ini selalu ramai setiap harinya.

3.Hi Tech Mall

Awalnya Mall ini sangat ramai dan menjadi jujukan warga Jawa Timur untuk mencari computer dan aksesorisnya. Namun saat ini kondisinya sangat memprihatinkan dan sepi. Bagi yang ingin mencari computer bisa langsung datang ke jalan Kusuma Bangsa nomor 116-118, Tambaksari, Kecamatan Tambaksari.

4.Grand City

Grand City identik dengan event Pamaran dan Konser Musik. Hampir seluruh pameran besar dan pertunjukan musik diselenggarakan di Mall yang berada di jalan Wali Kota Mustajab, nomor 1, Ketabang, Kecamatan Genteng.

5.BG Junction Mall

Alamat di jalan Bubutan nomor 1 – 7, Kecamatan Bubutan

6.The Central Mall Tidar

Alamat di jalan Tidar nomor 350, Tambak Dukuh, Kecamatan Bubutan

7.Pusat Grosir Surabaya (PGS)

PGS merupakan jujukan bagi masyarakat yang ingin membeli barang secara grosir. Biasanya yang datang ke Mall ini adalah para penjual yang ingin menambah stok barang dagangan. Alamat di jalan raya Dupak nomor 1, Gundih, Bubutan.

8.ITC

Alamat di jalan Gembong nomor 20 – 30.

9.Dupak Grosir

Alamat di jalan Gundih nomor 8 – 14, Gundih Kecamatan Bubutan.

10.Pasar Turi Baru

Mall yang baru berdiri pada tahub 2022 ini merupakan Mall yang dikelola langsung oleh Pemerintah Kota Surabaya. Mall ini berdiri diatas lahan Pasar Turi Lama yang mengallami musibah kebakaran. Alamat di jalan Pasar Turi nomor 21, Jepara Kecamatan Bubutan.

11.Royal Plaza

Mall sejuta umat adalah julukan dari Royal Plaza Surabaya. Setiap hari, apalagi saat weekend Mall yang berada  di jalan Ahmad Yani nomor 16 -18, Kecamatan Wonokromo ini selalu ramai oleh pengunjung. Bahkan terkadang lokasi parkir kendaraan sampai penuh.

12.Trans Icon Mall

Mall yang berada di jalan Siwalankerto nomor 260, Siwalankerto, Kecamatan Wonocolo ini mili dari Chaerul Tanjung. Salah satu wahana yang cukup terkenal di Mall ini adalah Wahana Salju.

13.Ciputra World

Alamat di jalan Mayjen Sungkono, nomor 89, Kelurahan Gunung Sari, Kecamatan Dukuhpakis.

14.Darmo Trade Center (DTC)

DTC Mall merupakan gabungan dari Mall dan Pasar tradisional Wonokromo yang berada di lantai basement. Alamatnya di Jagir Kecamatan Wonokromo.

15.Marvel City

Alamat di jalan Ngagel nomor 123, Ngagel, Kecamatan Wonokromo.

16.Transmart Ngagel

Alamat di jalan Ngagel nomor 137 – 141, Ngagel Kecamatan Wonokromo.

17.Kaza Mall

Mall yang berada di kawasan Surabaya Utara ini memiliki wahana olehraga Bola Bowling satu-satunya di Kota Surabaya. Alamat di jalan Kapas Krampung nomor 45, Tambakrejo, Kecamatan Simokerto.

18.Maspion Square

Alamat di jalan Ahmad Yani nomor 73, Margorejo, Kecamatan Wonocolo.

19.Plaza Marina

Plaza Marina sangat identik dengan Gadget/Handphone. Mall yang berada di jalan Margorejo Indah Utara nomor 97 – 99, Sidosermo, Kecamatan Wonocolo ini merupakan pusat penjualan handphone di kawasan Surabaya Selatan..

20.Golden City Mall

Alamat di jalan KH Abdul Wahab Siamin nomor 2 – 8, Putat Gede, Kecamatan Dukuh Pakis.

21.Lagoon Avenue Mall Sungkono (Laves)

Alamat di Blok RA Kavling 9 – 10, Jalan KH Abdul Wahab Siamin, Putat Gede, Kecamatan Dukuh Pakis

22.Surabaya Town Square (Sutos)

Sutos merupakan Mall yang berkonsep open space. Sayangnya setelah pandemi Covid-19, hampir semua tenant yang ada memilih tutup, sehingga saat ini menjadi sepi. Alamat di jalan Hayam Wuruk,nomor 6, RT 005/RW 11 Sawunggaling, Kecamatan Wonokromo.

23.City of Tomorrow (Cito)

Mall ini dikenal juga sebagai mall selamat datang, karena lokasinya memang berada di pintu masuk Kota Surabaya. Alamat di jalan Ahmad Yani nomor 288, Dukuh Menanggal, Kecamatan Gayungan.

24.Pasar Atom

Pasar Atom merupakan mall tertua di Kota Surabaya. Alamat di Bunguran nomor 45, Bongkaran, Pabean Cantikan.


25.Galaxy Mall 1 – 3

Icon dari Galaxi Mall adalah Sky Bridge yang menghubungkan anatar Galaxi Mall dan 2 ke Galaxi Mall 3. 1Alamatnya di jalan Dharmahusada Indah Timur, nomor 35 – 37, Mulyorejo.

26.Pakuwon City Mall 1 dan 2

Inilah Alamat di jalan Kejawan Putih Mutiara, nomor 2, Kelurahan Kejawan Putih Tambak, Kecamatan Mulyorejo.

27.Transmart Rungkut

Alamat di jalan Tenggilis Mejoyo, jalan raya Kalirungkut, nomor 25, Kecamatan Rungkut.

28.WTC e-Mall

Sama seperti Plaza Marina, WTC e-Mall juga sangat identik dengan penjualan handphone.  Alamat di jalan Pemuda nomor 27 – 31, Embong Kaliasin, Genteng.

29.Pakuwon Mall/PTC

PTC merupakan Mall terbesar no.1 di Indonesia. Bagi anda yang baru masuk ke Mall ini, jangan sampai kesasar, saking besarnya. Alamat di jalan Mayjen Yono Suwoyo nomor 2, Kelurahan Babatan, Kecamatan Wiyung.

30.Lenmarc Mall

Alamat di jalan Mayjend Jonosewojo, nomor 9, Pradahkalikendal, Kecamatan Dukuhpakis.

31.Jembatan Merah Plaza (JMP)

Alamat di jalan Taman Jayengrono nomor 2, Krembangan Selatan. Krembangan.

32.Transmart Dukuh Kupang

Alamat di jalan raya Dukuh Kupang nomor 126, Kecamatan Dukuh Pakis.  


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad